DINA FITRIANA, 12201173272 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (811kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Dina Fitriana, NIM. 12201173272, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena kasus-kasus yang terjadi di kalangan peserta didik seperti banyaknya penyimpangan moral dan kurangnya sopan santun yang menunjukkan karakter yang lemah di lingkungan pendidikan. Kita sebagai generasi masa depan yang akan berhadapan dengan arus globalisasi dan moderrnisasi harus memiliki karakter yang mampu bertahan, bersaing, serta mumpuni dalam bidang tertentu. Untuk menanamkan karakter perlu adanya metode pembiasaan dan keteladanan. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penerapan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana dampak guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Memaparkan penerapan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung (2) Memaparkan hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung (3) Memaparkan dampak guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pembelajaran PAI dilaksanakan di masjid sekolah dan menerapkan pembiasaan sholat dhuha, membaca Al-Qur’an, menghafal Asmaul Husna, surat pendek dan do’a harian yang pada setiap akhir semester ada metode setoran hafalan SKU (Surah Kecakapan Ubudiyah). (2) Hambatan yang dihadapi yaitu berasal dari latar belakang peserta didik yang berbeda, kurangnya partisipasi atau kesadaran diri dari peserta didik, jam pelajaran PAI yang terbatas dan sering dipakai untuk kegiatan sekolah (3) Dampak penerapan dalam menanamkan karakter religius yaitu tumbuhnya sikap religius, lebih rajin beribadah, berakhlakul karimah dan memiliki moral yang baik untuk bekal terjun di masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | dina 12201173272 fitriana |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 07:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20590 |
Actions (login required)
View Item |