STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP TA’DZIM PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

YULIA FAJRIATUS SHOLEKHAH, 12201173094 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP TA’DZIM PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (621kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (660kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Sikap Ta’dzim Peserta Didik kelas XI di SMAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Yulia Fajriatus Sholekhah, NIM. 12201173094, pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag, M. Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam, Sikap Ta’dzim. Banyak perkembangan budaya yang terjadi akibat adanya globalisasi. Masuknya budaya barat di negara kita membawa banyak perubahan baik perubahan positif maupun negatif. Perubahan negatif yang terjadi saat ini adalah berkurangnya sopan santun peserta didik kepada guru atau orang yang lebih tua dari mereka. Dengan adanya fenomena tersebut, di SMAN 1 Tulungagung terdapat banyak keragaman peserta didik sehingga akan ada berbagai kebiasaan dan tradisi yang berbeda termasuk dalam hal sikap. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap ta’dzim peserta didik di SMAN 1 Tulungagung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap ta’dzim pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan pengamatan serta menelaah dengan baik dan dideskripsikan dalam bentuk kata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian untuk menyajikan fakta-fakta, fenomena, maupun gambaran yang bersifat fakta. Penelitian ini, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh data dari guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung mengenai sikap ta’dzim peserta didik kelas XI. Observasi digunakan untuk mengamati tingkat sikap ta’dzim yang diterapkan oleh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperkuat data yang telah didapatkan. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Triangulasi yang digunakan ada dua yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan sikap ta’dzim peserta didik kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. Hal tersebut dapat dicapai karena guru Pendidikan Agama Islam memiliki perencanaan dan pelaksanaan yang baik. Perencanaan yang dilakukan yaitu mengamati peserta didik dalam mentaati peraturan sekolah, mengamati tingkat sikap ta’dzim yang dimiliki peserta didik, mengamati tingkat keseriusan peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan mengamati ketertiban peserta didik dalam pengerjaan serta pengumpulan tugas. Pelaksanaan strategi juga dilakukan dengan tertib. Pertama, guru Pendidikan Agama Islam memperkuat penanaman nilai sikap yaitu 3S. Kedua, guru PendidikanAgama Islam memperkenalkan kepada peserta didik mengenai sikap ta’dzim. Langkah terakhir yaitu menekankan kembali bahwa penilaian spiritual masuk ke dalam rapot peserta didik dan sikap ta’dzim juga termasuk ke dalamnya. Evaluasi dari strategi yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam hasilnya yaitu cukup memuaskan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173094 YULIA FAJRIATUS SHOLEKHAH
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:25
Last Modified: 16 Aug 2021 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20760

Actions (login required)

View Item View Item