PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KAIDAH PENCACAHAN KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 BADEGAN PONOROGO

ARRIFAH LUTHFIANDARI, 12204173262 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KAIDAH PENCACAHAN KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 BADEGAN PONOROGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (814kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Pada Materi Kaidah Pencacahan Di SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo” ini ditulis oleh Arrifah Luthfiandari, NIM. 12204173262, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Blended Learning, Google Classroom, Hasil Belajar, Kaidah Pencacahan Matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa dilihat dari rendahnya hasil belajar matematika dikarenakan kurangnya antusiasme siswa untuk menyimak dan memperhatikan pelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran Blended Learning merupakan model yang dirancang untuk memotivasi siswa dalam mempelajari materi pelajaran sebaik mungkin dan memberi tanggung jawab yang besar pada siswa untuk belajar baik secara kelompok maupun individu sehingga dapat membina rasa saling menghargai antara siswa yang saling bekerja sama. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi kaidah pencacahan kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari model pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi kaidah pencacahan kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo. Dalam mengambil sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI TKJ 5. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi kaidah pencacahan kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo, pada taraf signifikansi 0.000 dengan selisih nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 2.44 (2) Besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi kaidah pencacahan kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo, pada skor 0.68.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173262 ARRIFAH LUTHFIANDARI
Date Deposited: 13 Aug 2021 08:10
Last Modified: 13 Aug 2021 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item View Item