IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN REMIDIAL MELALUI TUTOR TEMAN SEBAYA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 BESUKI TULUNGAGUNG

GP, INTAN FUTIHA (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN REMIDIAL MELALUI TUTOR TEMAN SEBAYA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
isi.pdf

Download (360kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (366kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Intan Futiha G.P, NIM. 3211113010, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Implementasi Program Pembelajaran Remedial Melalui Tutor Teman Sebaya Pada Mata Pelajaran PAI SMPN 1 Besuki Tulungagung”, yang di bimbing oleh Dr. Luk-Luk Nur Mufidah M.Pd.I, NIP. 197903192003122002. Kata Kunci: Remedial, Tutor Teman Sebaya, PAI Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang belum mampu menguasai materi, dilihat dari peserta didik yang belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM)= 75. Ketika mencapai KKM maka akan dianggap tuntas. Artinya peserta didik menguasai materi tersebut. Berangkat dari hal itu, perlu adanya perbaikan untuk mencapai ketuntasan tersebut. Apalagi berkaitan dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pendidikan agam Islam merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk diberikan. Karena agama Merupakan bekal serta pedoman hidup manusia. Dalam pembelajarannya perlu menguasai seluruhnya. Apabila belum maka harus ada perbaikan hingga mencapai tujuan untuk menguasai Pendidikan Agama Islam. Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran remedial yaitu dengan tutor teman sebaya. Oleh karena itu perlu kita ketahui bagaimana pelaksanaan program pembelajaran tersebut. Fokus penelitian diantaranya: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran remedial melalui tutor teman sebaya pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Besuki ? 2. Apa kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pembelajaran remedial melalui tutor teman sebaya pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Besuki? Adapun penelitan ini kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 1 Besuki Tulungagung. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data yang peneliti dapatkan berasal dari kepala sekolah, Guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian ini mengungkakan bahwa: 1. Pelaksanaan program pembelajaran remedial melalui tutor teman sebaya a. Menganalisa nilai. b. Menelaah masalah. c. Menyusun rencana pembelajaran remedial 1) Membuat garis besar materi 2) Membuat soal tes remedial 3) Memilih tutor teman sebaya. d. Pelaksanaan pembelajaran remedial 1) Mengumumkan siswa yang harus mengikuti pembelajaran remedial dan yang tidak 2) Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok 3) Memberi arahan pada koordinator tutor 4) Masing-masing tutor kembali dan memulai pembelajaran remedial. e. Tes remedial. 2. Kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pembelajaran remedial. a. Kelebihan 1) Ajang penguat materi bagi siswa 2) Adanya perubahan positif pada perilaku belajar didalam kelas 3) Mengatasi adanya kesenggangan antara siswa dengan guru 4) Ada kalanya hasilnya lebih baik bagi beberapa anak yang mempunyai perasaan takut atau malu bertanya kepada guru 5) Bagi tutor merupaka kesempatan untuk xvi melatih diri memegang tanggung jawab dan melatih kesabaran. 6) Mempererat hubungan antara sesama siswa sehingga mempertebal perasaan sosial. b. Kekurangan. 1) Bagi guru sukar untuk menentukan seorang tutor yang tepat bagi seorang atau beberapa orang yang harus membimbing. 2) Tidak semua siswa yang pandai atau cepet waktu belajarnya dapat mengajarkan kembali kepada temantemannya. 3) Kecanngungan pada teman lawan jenis saat menyampaikan materi 4) Siswa yang dibantu sering kurang serius, mudah terpancing untuk bergurau

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: INTAN FUTIHA GP
Date Deposited: 11 Sep 2015 02:24
Last Modified: 11 Sep 2015 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item