MAWAR INDAH SARI, 12201173265 (2021) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 BANGSAL MOJOKERTO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (926kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (456kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (171kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (558kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangsal Mojokerto” ini ditulis oleh Mawar Indah Sari, NIM 12201173265, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Dosen Pembimbing: Mustofa, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Metode Tutor Sebaya, Pendidikan Agama Islam Seorang pendidik dalam lembaga pendidikan pada saat menyampaikan bahan pengajaran berarti sudah melaksanakan beberapa kegiatan, tetapi kegiatan itu tidak akan ada gunanya jika tidak mengarah pada tujuan tertentu. Setiap pendidik menginginkan tercapainya tujuan pembelajaran dan penjelasannya dapat diterima sejelas-jelasnya oleh peserta didik. Dengan demikian, untuk mencapai tujuan pembelajaran tentunya seorang pendidik membutuhkan metode dan teknik mengajar yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar, agar materi yang dijelaskan dapat dipahami oleh peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto?; (2) Bagaimana pelaksanaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto?; (3) Bagaimana evaluasi metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto? 2 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah: (1) Perencanaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam selain diarahkan untuk membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, xviii menyiapkan media pembelajaran, dsb, seorang guru juga melakukan persiapan di luar kelas dengan mengikuti pelatihan yang diikuti oleh guru Pendidikan Agama Islam se-Kabupaten Mojokerto; (2) Pelaksanaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto dilakukan 2 kali pertemuan dalam 2 minggu. Pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi dengan satu metode siswa dapat mengantongi beberapa materi di 2 kali pertemuan selain itu siswa dengan mudah memahami materi pmbelajaran; (3) Evaluasi metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan pemahaman siswa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto berupa pre test dan post test, untuk pre test dilaksanakan di awal pembelajaran dengan materi yang akan dipelajari sedangkan untuk post test dilaksanakan pertemuan sebelumnya setelah melakukan metode tutor. Dengan adanya evaluasi pre test dan post test, guru dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173265 Mawar Indah Sari |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 07:56 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 07:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21193 |
Actions (login required)
View Item |