ACHRIS, FUADATIS S (2011) INTERAKSI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
BAB I AKRIS new.rtf Download (80kB) |
|
Text
BAB III akris new.rtf Download (192kB) |
|
Text
BAB V Interaksi Pendidikan.doc Download (32kB) |
|
Text
BAB II akris new.rtf Download (1MB) |
|
Text
COVER AKRIS.doc Download (306kB) |
|
Text
Bab 4 akris new 1.doc Download (25MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di MTsN Kunir Srengat Blitar, yang peneliti jadikan lokasi penelitian, interaksi pendidikan sudah berjalan dengan baik sehingga mampu membangkitkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari adanya antusias belajar siswa yang cukup tinggi, jarang ada siswa yang membolos dan keberhasilan pembelajaran yang cukup signifikan. Fokus penelitiannya adalah Bagaimana interaksi guru dengan siswa serta implikasinya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Kunir Srengat Blitar. Bagaimana interaksi siswa dengan siswa serta implikasinya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Kunir Srengat Blitar. Bagaimana interaksi siswa dengan lingkungan serta implikasinya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Kunir Srengat Blitar. Skripsi ini bermanfaat secara teoritis, penelitian ini merupakan sumbangan untuk memperkaya khazanah keilmuan serta sebagai bahan referensi atau rujukan dan tambahan pustaka pada perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, dan secara praktis bagi lembaga pendidikan yang bersangkutan atau instansi lain yang terkait untuk meningkatkan keberhasilan belajar dengan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui proses interaksi pendidikan, yang melibatkan guru dan siswa serta lingkungan. Supaya melalui hasil penelitian ini, guru mampu menciptakan suasana dan kondisi pembelajaran yang kondusif supaya dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga membuat siswa aktif dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, lokasinya di MTsN Kunir Wonodadi Blitar, teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan memakai triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian: Interaksi pembelajaran antara siswa dan guru dalam proses pembelajaran di MTsN Kunir Wonodadi Blitar terjadi dalam beberapa aspek, yang meliputi tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, alat pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Di MTsN ini telah terbentuk lingkungan yang memadai untuk belajar dan mengajar. Interaksi pembelajaran sesama siswa terwujud dengan adanya siswa saling membantu apabila terdapat temannya yang merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas dan menghadapi masalah. Juga terdapat keakraban yang sangat erat antara siswa-siswanya. Hal tersebut disebabkan karena faktor individualistis tidak terjadi. Di MTsN Kunir tersebut sudah terbentuk interaksi antara siswa dengan lingkungan yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam segala mata pelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 07:20 |
Last Modified: | 08 Sep 2015 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2126 |
Actions (login required)
View Item |