PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI MASA PANDEMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ANAK USIA DINI DI KELURAHAN GARUM KABUPATEN BLITAR

JIHAN SYAKIRA HASAN, 12206173051 (2021) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI MASA PANDEMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ANAK USIA DINI DI KELURAHAN GARUM KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

Jihan Syakira Hasan. 12206173051. Penggunaan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Masa Pandemi Terhadap Pemahaman Materi Anak Usia Dini Di Kelurahan Garum Kabupaten Blitar. Skripsi. Fakultas dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Muhammad Ridho Al-Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci : Video Animasi, Pemahaman Materi, Anak Usia Dini Kemajuan teknologi yang begitu cepat pastinya membawa dampak positif maupun negatif. Begitu pula dengan media pembelajaran yang digunakan pastinya harus bisa mengikuti zaman dan sesuai dengan kebutuhan. Termasuk dengan proses belajar mengajar, dengan memanfaatkan video animasi sebagai media pembelajaran berbasis interaktif diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman materi anak usia dini khususnya di lingkungan Kelurahan Garum Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran berbasis interaktif di Kelurahan Garum (2) Mendeskripsikan pemahaman materi peserta didik selama pembelajaran interaktif menggunakan video animasi di Kelurahan Garum, (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi pembelajaran interaktif berbasis video animasi terhadap pemahaman materi anak usia dini di Kelurahan Garum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah TK Al-Hidayah dan Guru Kelas PAUD dan TK Pertiwi Garum. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber data dan metode. Hasil dari penelitian skripsi ini adalah pertama, video animasi mulai digunakan di Kelurahan Garum, penggunaan video animasi ini membantu pendidik dalam memotivasi anak untuk belajar dan mengerjakan tugas. Video animasi yang digunakan jenis 3 dimensi dan menggunakan karakter fable, alam semesta dan manusia. Kedua penggunaan video animasi ini membantu pendidik dalam menambah pengetahuan, pemahaman dan penerapan kepada peserta didik lebih mudah. Sehingga perkembangan kognitif dapat mencapai perkembangannya secara maksimal meski menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Ketiga kendala yang dihadapi yaitu pihak sekolah masih kesulitan dalam pembuatan dan editingnya karena sebagian besar tenaga pendidik sudah berusia lanjut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173051 Jihan Syakira Hasan
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:34
Last Modified: 23 Aug 2021 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

View Item View Item