PENGARUH QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG

ANANG, RAHMAWAN (2015) PENGARUH QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN PDF.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
abstrack.pdf

Download (491kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Quantum Teaching dengan Teknik Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Anang Rahmawan, NIM. 3214113115, pembimbing Dr. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci: Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping, Motivasi, hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngantru Tulungagung 2) untuk mengetahui pengaruh pengaruh quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngantru Tulungagung. 3) untuk mengetahui pengaruh quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Non equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru Tulungagung yang berjumlah 227 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Dokumentasi; 2) Observasi; 3) wawancara; 4) Tes; 5) Angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji t dan uji anova 2 arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dangan rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 112,58, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 103,50. Hasil uji statistik diperoleh t hitung sebesar 3,816 dengan signifikansi 0,000. Sedangkan, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,79 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 74,52. Hasil uji statistik diperoleh t hitung sebesar 2,115 dengan signifikansi 0,037. Hasil uji anova 2 arah diperoleh nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’ Largest Root.x memiliki signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, Hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Besar pengaruh quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi belajar matematika siswa adalah 8,77%, sedangkan besar pengaruh quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar adalah 9,76%. Tingkat pengaruh quantum teaching dengan teknik mind mapping termasuk dalam kategori yang rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: mohammad anang rahmawan
Date Deposited: 09 Sep 2015 02:38
Last Modified: 09 Sep 2015 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item View Item