PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MAN 4 JOMBANG

KARMELA ZAKIA AMANI, 12201173326 (2021) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Karmela Zakia Amani, NIM. 12201173326. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing Liatul Rohmah, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Proses pembelajaran yang berkualitas melibatkan banyak hal, salah satunya adalah metode yang diterapkan oleh pendidik. Jika pendidik menyampaikan materi menggunakan metode yang variatif dan menyenangkan, maka peserta didik akan lebih tertarik untuk menyimak materi yang disampaikan. Dalam pembelajaran Fiqih bab jenazah diperlukan pemilihan metode yang tepat, yaitu menggunakan metode demonstrasi karena dapat menimbulkan timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Jika peserta didik mampu memahami materi dengan baik, maka siswa akan termotivasi dalam belajar mengajar, sehingga peserta didik akan mendapatkan hasil belajar yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih kelas X di MAN 4 Jombang? (2) Adakah Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 4 Jombang? (3) Adakah Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di MAN 4 Jombang? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh meode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang? (2) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen –kuasi (Quasi Ekaperiment) dengan menggunakan desain Posttest-only Design with nonequivalent grpoups. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 4 Jombang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X MANPK 1 dan X MANPK 2. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder.Teknis analisis data yang digunakan adalah uji independet simple t-test dan uji MANOVA dengan bantuan aplikasi SPSS for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t, untuk motivasi belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t, untuk post-test hasil belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang. Berdasarkan perhitungan uji MANOVA, untuk motivasi belajar dan hasil belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 4 Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karmela Zakia
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:28
Last Modified: 25 Aug 2021 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item