HASNA FILDZATUN NAFISAH, 12204173243 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTS SUNAN AMPEL KEPUNG KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (74kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
Abstract
ABSTRAK Hasna Fildzatun Nafisah, 12204173243, “Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswamateri Aritmatika Sosial Kelas VII di MTs Sunan Ampel Kepung Kediri”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Dr. Syaiful Hadi, M.Pd Kata kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala rendahnya tingkat kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui melalui hasil observasi yang telah dilakukan dan hasilnya menunjukkan siswa tidak terlalu merespon dan tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sebagian siswa juga kurang bersungguh-sungguh dalam mengerjakan latihan soal. Mereka lebih memilih mencontek pekerjaan teman lainnya. Hal ini menunjukkan siswa malas mengerjakan latihan soal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal itu, bisa jadi pada kemandirian belajar, siswa tidak mau berusaha sendiri namun memilih mencontek, bisa juga pada motivasi belajar, siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar, tidak ada keinginan untuk bisa, dan bisa juga karena kemampuan penalaran siswa tersebut yang rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) dan motivasi belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada matero aritmatika sosial kelas VII di MTs Sunan Ampel Kepung Kediri. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) dengan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTs Sunan Ampel Kepung Kediri; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTs Sunan Ampel Kepung Kediri; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) dan motivasi belajar dengan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTs Sunan Ampel Kepung Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VII MTs Sunan Ampel Kepung Kediri yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel pada kelas VII-A dan VII-B. Analisis yang digunakan peneliti yaitu menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh antara kemandirian belajar dengan kemampuan penalaran matematis sebesar 16,6% ; 2) Ada pengaruh antara motivasi belajar dengan kemampuan penalaran matematis sebesar 8% ; 3) Ada pengaruh antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 22,6%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Hasna Fildza |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 04:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21395 |
Actions (login required)
View Item |