STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

YUNIAS DWI ARUMSARI, 12205173191 (2021) STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Yunias Dwi Arumsari. 12205173191. Tahun 2021. “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siawa melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Studi Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Musrikah S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Strategi guru, penanaman nilai-nilai karakter, pembelajaran bahasa jawa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam penanaman nilai-nilai karakter pada siswa yang sangat penting. Penanaman nilai-nilai karakter baik di sekolah maupun di rumah terlihat dari kung banyaknya kasus bertindak curang baik berupa tindakan mencontek, kurang sopan santun, kurangnya saling menghormati dan menghargai teman, kurangnya rasa disiplin dalam segala hal yang ada di sekolah. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai karakter dapat ditanamkan melaui pembelajaran salah satunya melalui pembelajaran Bahasa Jawa sehingga dapat memiliki unggah-ungguh serta sopan santun yang baik. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Apa bentuk nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan? (2) Bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan nilai-nilai karakter siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan (2) Mendeskripsikan perencanaan penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan (3) Mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan nilai-nilai karakter siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan. xiv Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adaah deskriptif kualitatif, pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan teknik redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara dalam melakukan teknik keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan waktu observasi, ketekunan dan keajegan pengamatan dari triangulasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Penanaman nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan mengarah ke tiga sikap, yaitu hormat, sopan santun dan menghargai kepada guru, teman, dan keluarga (2) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan mengarah ke tiga sikap yaitu disipilin dalam berbahasa, disiplin dalam mengerkjakan tugas, dan disiplin dalam keagamaan (3) Faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter siswa kelas 5 MI Tarbiyatussibyan yaitu pada faktor pendukung yang paling utama adalahkeluarga , bapak atau ibu guru, sedangkan untuk faktor penghambat yaitu keluarga, teman sebaya, dan diri sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173191 Yunias Dwi Arumsari
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:22
Last Modified: 08 Sep 2021 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21732

Actions (login required)

View Item View Item