MOHAMMAD NAJIBULLOH, 17201163164 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (463kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (277kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (127kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
Abstract
ABSTRAK SKRIPSI ini berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan sikap Religius peserta didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Najibulloh,NIM 17201163164,Pembimbing Dr.Agus Zaenul Fitri M.Pd Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Religius. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan agama Islam di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Realitanya perilaku pelajar yang sangat nyata adalah keagamaan siswa lemah, sekarang ini untuk mengamalkan kegiatan ibadah saat ini sudah mulai gersang, selain itu juga adab dan sopan santun sudah sangat berkurang. Adab pergaulan dengan guru, adab dengan teman bahkan adab dengan orang tua, sepertinya sudah tidak diindahkan. Realitas diatas dinilai oleh sebagian masyarakat, merupakan bentuk kegagalan sekolah dalam membina keagamaan pada siswannya, dan itu merupakan tantangan bagi guru pendidikan agama Islam.Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan sikap Religus Siswa dalam aspek Aqidah? (2) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap Religus Siswa dalam aspek Ibadah? (3) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan sikap Religius Siswa dalam aspek Akhlak ? Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religius siswa dalam aspek Aqidah adalah strategi pembelajaran kontekstual, yaitu melalui penanaman nilai-nilai religius hal aqidah meliputi berdo‟a sebelum dan sesudah pembelajaran, adanya kegiatan tadarus al-Qur‟an setiap pagi, berdo‟a bersama atau berdo‟a istighastah dan kegiatan ziarah wali. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religi siswa dalam aspek ibadah adalah strategi pembelajaran kontekstual, yakni melalui penanaman nilai- nilai religius hal ibadah meliputi shalat dhuha, tadarus Al-Qur‟an, selain itu kegiatan tahunan seperti kegiatan zakat dan kegiatan qurban. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religius siswa dalam aspek akhlak adalah strategi pembelajaran ekspository, yakni melalui penanaman nilai-nilai religiushal akhlak meliputi memberikan motivasi terhadap siswa, memperingati PHBI yang diadakan perlombaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163164 MOHAMMAD NAJIBULLOH |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 02:50 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 02:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21749 |
Actions (login required)
View Item |