AMALIA FITRA LUTFIAH, 12205173016 (2021) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MI NURUL ISLAM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (543kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (762kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (435kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Siswa melalui Pembelajaran daring di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Amalia Fitra Lutfiah, NIM 12205173016, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Bagus Setiawan, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa problema yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas rendah, diantaranya yaitu permasalahan terkait sulitnya mempelajari keterampilan membaca dan menulis bagi siswa pemula yang baru mengenal bahasa Arab dan situasi terkait sistem pembelajaran daring yang merupakan hal baru bagi guru maupun siswa. Untuk itu peneliti ingin mengamati terkait upaya guru agar keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa meningkat melalui pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab jenis membaca melalui pembelajaran daring siswa kelas rendah MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021?; 2) Bagaimana upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab jenis menulis melalui pembelajaran daring siswa kelas rendah MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung dengan subjek penelitian guru bahasa Arab kelas rendah dan beberapa peserta didik kelas rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab melalui pembelajaran daring dilakukan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Guru merencanakan pembelajaran dengan menyusun RPP, memilih model, metode, teknik, sumber belajar dan media yang sesuai dengan situasi pembelajaran. Dalam memberikan materi membaca guru menyesuaikan dengan kemampuan siswa dan memberi contoh bacaan dengan benar dan lugas. Penilaian dilihat dari ketepatan dan kelancaran bacaan siswa dan pemahaman kata 2) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab melalui pembelajaran daring dilakukan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Guru merencanakan pembelajaran dengan menyusun RPP, memilih model, metode, teknik, sumber belajar dan media yang sesuai dengan situasi pembelajaran. Pembelajaran menulis dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan siswa dan kegiatan menulis dilakukan dengan cara menyalin. Penilaian dilihat dari kelengkapan dan kerapian tulisan siswa. Kata kunci: Upaya guru, Keterampilan berbahasa Arab, Pembelajaran daring
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Daring Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173016 AMALIA FITRA LUTFIAH |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 03:43 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21882 |
Actions (login required)
View Item |