OPPY YULIA, 17206163071 (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI SAINS PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI BERU 01 KEC. WLINGI KAB. BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (577kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (368kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (390kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ” Pengeruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Sains Sederhana terhadap Kemempuan kognitif anak kelompok B di TK Pertiwi Beru 01 Wlingi Kab. Blitar “ ini ditulis Oppy Yulia, NIM. 17206163071, pembimbing Germino Wahyu Broto M.Si. Kata kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi Sains Pencampuran Warna, Kemampuan Kognitif Anak. Di Taman Kanak-Kanak PERTIWI BERU 01 Kec Wlingi Kab Blitar, dalam kegiatan pembelajaran di TK tersebut metode yang digunakan adalah metode pemberian tugas, dengan menggunakan metode tersebut anak didik masih kurang aktif serta mendatangkan kebosanan anak untuk mengikuti proses pembelajaran Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode demonstrasi sains pencampuran warna terhadap kemempuan kognitif anak kelompok B di TK PERTIWI 01 Wlingi Kab. Blitar ? (2) Seberapa besar pengaruh metode demonstrasi sains pencampuran warna terhadap kemempuan kognitif anak kelompok B di TK PERTIWI 01 Wlingi Kab. Blitar ?. Skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat pada seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan anak agar lebih memaksimalkan proses pembelajaran yang aktif dan pertumbuhan serta perkembangan anak yang optimal. Kepada peneliti selanjutnya dibidang yang sama dapat menjadi referensi dan juga memperkuat penelitian ini. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan populasi penelitian 20 anak yakni 10 anak sebagai kelas eksperimen dan merupakan sampel penelitian dan 10 anak sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data pegaruh metode demonstrasi sains pencampuran warna terhadap kemempuan kognitif anak kelompok B TK PERTIWI BERU 01 adalah metode observasi dan metode dokumentasi untuk menggali informasi tentang data dan dokumen sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi sains pencampuran warna terhadap kemempuan kognitif anak kelompok B di TK PERTIWI BERU 01 Wlingi Kab. Blitar sesuai dengan hasil hitung uji Mann Withney yakni sebesar 0,002 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Selain itu hasil data juga dianalisis dengan uji t dengan nilai Sig.(2- tailed) adalah 0.001 yang artinya lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Uji Effect size juga menunjukkan pengaruh kuat pada penggunaan metode demonstrasi sains pencampuranb warna terhadap kemempuan kognitif anak kelompok B di TK PERTIWI BERU 01 Wlingi Kab. Blitar sesuai hasil hitung sebesar 0.69 yakni masuk pada rentang 0,60 – 0,799 (kuat).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163071 oppy yulia |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 06:53 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21913 |
Actions (login required)
View Item |