KUNASIBAH TUANBORSU, 17206163083 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (635kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (589kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (493kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (544kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (457kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Kunasibah Tuanborsu, NIM 17206163083, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Errifa Susilo, M.Pd.. Kata Kunci : Mengembangkan, Sosial Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penelitian mengenai kecerdasan emosional yang lebih mempengaruhi keberhasilan seseorang. Oleh karena hal tersebut, mengembangkan kecerdasan sosial emosional sejak dini. Di sisilain perkembangan sosial emosional memiliki pemantauan yang lebih sulit disbanding aspek bahasa, kognitif, atau kemampuan dasar lainnya. Maka dari itu, pemantauan dan penanganan yang tepat dapat mengoptimalkan perkembangan sosial dan emosional anak. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran sosial emosional anak di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung ?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung ?, (3) Bagaimana guru melakukan assesment untuk kemampuan sosial emosional anak di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional, pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional, guru melakukan assesment untuk kemampuan sosial emosional anak di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawan cara dilakukan dengan beberapa pihak guru di RA Nurul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Sedangkan untuk kegiatan dokumentasi dilakukan saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, proses pembelajaran, dan kegiatan evaluasi. Pada kegiatan perencanaan guru membuat RPPM dan RPPH dengan mengacu pada kondisi anak dan tema pembelajaran. Selanjutnya pada proses pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan sosial dan emosional anak dengan memberikan tugas agar anak belajar bertanggung jawab dan memberika nasihat serta motivasi bagi anak. Terakhir, pada kegiatan evaluasi guru merekap hasil observasi dan penilaian unjuk kerja. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan sosial emosional anak dan unjuk kerja dilakukan untuk mengetahui hasil perkembangannya. Selanjutnya kedua kegiatan tersebut dimasukkan dalam buku catatan anak yang nantinya menjadi catatan perkembangan anak untuk disampaikan kepada wali murid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163083 KUNASIBAH TUANBORSU |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 04:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21949 |
Actions (login required)
View Item |