PENGARUH PENERAPAN METODE HAFALAN TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI SMP ISLAM KAMPAK TRENGGALEK

ZAHROTUN AINIYAH, 17201163202 (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE HAFALAN TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI SMP ISLAM KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Zahrotun Ainiyah, NIM : 17201163202. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul : “Pengaruh Penerapan Metode Hafalan terhadap Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di SMP Islam Kampak Trenggalek”, Dosen Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. NIP. 198003012014 03 2 001. Kata Kunci : Metode Hafalan, Minat Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena mata pelajaran SKI termasuk pelajaran yang membutuhkan hafalan dan daya ingat yang tinggi. Tentunya, hal ini merupakan kesulitan tersendiri bagi peserta didik yang memiliki daya ingat rendah ketika belajar. Hal tersebutlah yang menyebabkan peserta didik tidak menyukai mata pelajaran SKI. Akibatnya, minat dan motivasi belajar SKI peserta didik menurun dan nilai ujian kurang memuaskan. Selain itu, guru mata pelajaran juga menjelaskan bahwa pelajaran SKI dikatakan membosankan karena metode yang digunakan tidak bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh penerapan metode hafalan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di SMP Islam Kampak Trenggalek. (2) Adakah pengaruh penerapan metode hafalan terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VII di SMP Islam Kampak Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh penerapan metode hafalan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di SMP Islam Kampak Trenggalek. (2) Untuk menjelaskan pengaruh penerapan metode hafalan terhadap motivasi belajar peesrta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di SMP Islam Kampak Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 62 peserta didik kelas VIII SMP Islam Kampak Trenggalek. Pengambilan data menggunakan angket (skala likert) untuk mengetahui minat dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode hafalan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di SMP Islam Kampak Trenggalek. Dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai > atau 7,258 > 0,254. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode hafalan terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di SMP Islam Kampak Trenggalek. Dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai > atau 17,776 > 0,254.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163202 ZAHROTUN AINIYAH
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:48
Last Modified: 09 Sep 2021 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21969

Actions (login required)

View Item View Item