UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN SISWA DI MI DARUL ULUM SALAKKEMBANG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

IMRON, MUH. ALI (2011) UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN SISWA DI MI DARUL ULUM SALAKKEMBANG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.docx

Download (113kB)
[img] Text
DARTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
Imron_BAB I.doc

Download (55kB)
[img] Text
Imron_BAB II.doc

Download (137kB)
[img] Text
Imron_BAB III.doc

Download (50kB)
[img] Text
Imron_BAB IV.doc

Download (151kB)
[img] Text
Imron_BAB V.doc

Download (28kB)
[img] Text
IMRON_DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (25kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Guru dan pembinaan kepribadian. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman yang lebih berat dimana ketika seorang anak masuk di sekolah dasar dalam jiwanya terdapat kepribadian yang dia bawa dari keluarga dan juga guru waktu di taman kanak-kanak. Jika didikan anak kurang serasi di karenakan kondisi ekonomi keluarga , kurang kesadaran orang tua. dan juga pengaruh lingkungan akan mempengaruhi kepribadian mereka. maka peran dari guru ini sangat penting dalam melakukan pembinaan tersebut, di MI Darul Ulum Salakkembang para guru berupaya semaksimal mungkin untuk dapat membina kepribadian kepada siswanya Sehingga kader-kader Islam diharapkan di masa depan memiliki kepribadian yang mulia. Yang menjadi fokus penelitian masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana upaya guru dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir Tulungagung.(2) Apa faktor-aktor pendukung dan penghambat guru dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir Tulungagung Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir Tulungagung (2) Untuk mengetahui apa yang menjadi pendukng dan pengambat dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir TulungagungSkripsi ini bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan pada umumnya, untuk bahan referensi dalam rangka upaya pembinaan kepribadian siswa, sebagai sumbangan pemikiran baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: 1). Adapun upaya guru dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir Tulungagung bentuknya meliputi: Melalui pengajaran yaitu mengedepankan tentang pengajaran pendidikan agama jadi setiap pelajaran itu di beri nilai-nila agama, ini didasari karena pendidikan agama itu penting sebagai pondasi awal menata kepribadian siswa dan mengacu pada aspek afektifnya. Karena aspek afektif diperoleh melalui proses internalisasi yaitu suatu proses kearah petumbuhan batiniah siswa, sehingga siswa akan lebih menyadari akan artinya suatu nilai yang terkandung dalam suatu pengajaran agama. Kedua: Melalui bimbingan ini merupakan suatu bentuk bantuan yang di berikan kepada siswa supaya mereka dapat mengembangkan kemampuan seoptimal mungkin dan membantu sisiwa agar memahami dirinya, menerima dirinya dan merealiasikan dirinya.ini dilakukan untuk mengontrol agar siswa itu lebih terarah menjalani kehidupannya. Ketiga: Melalui pembiasaan yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan rutin sehingga memunculkan keihlasan dalam dirinya ketika melakukan segala tindakan yang baik. Keempat: Melalui hukuman ini dilakukan bukan semata benci ataupun tidak suka dengan siswa, menghukum itu agar mendidik siswa untuk berubah menjadi siswa yang memiliki kepribadian yang baik. 2).Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembinaan Kepribadian Siswa di MI Darul Ulum Salakkembang yaitu; Adapun faktor pendukung yang di hadapi tersebut adalah adanya sarana dan prasarana yang mendukung, adanya ektrakulikuler yang mendukung perkembangan jiwa social siswa. Adapun factor penghambatnya adalah kurang adanya kesadaran anak didik dan juga factor ekonomi dan keadaan keluarga siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2015 02:47
Last Modified: 11 Sep 2015 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item