UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010

SARIATI, MAREM (2011) UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
REVISI COVER MAREM_FINISH.docx

Download (104kB)
[img] Text
REVISI BAB 1-5 MAREM-FINISH.docx

Download (198kB)
[img] Text
REVISI LAMPIRAN MAREM SMP 5_FINISH.doc

Download (489kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Open Ended, Kubus dan Balok. Permasalahan (1) Bagaimana proses pembelajaran open ended pada materi kubus dan balok Siswa Kelas VIII SMPN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2009/ 2010 ? (2) Bagaimana peningkatan siswa terhadap pembelajaran open ended pada materi kubus dan balok Siswa Kelas VIII SMPN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2009/ 2010? Tujuan Penelitian (1) mengetahui proses pembelajaran open ended pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2009/ 2010 (2) Mengetahui hasil belajar siswa terhadap pembelajaran open ended pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2009/ 2010. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam Penelitian Tindakan ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Metode pengumpulan data (1) Tes, (2) Tugas, (3) Wawancara, (4) Observasi, (5) Catatan lapangan. Model analisis data yang digunakan yaitu model alir (Flow model) yang meliputi (1) reduksi data, (2) menyajikan data (3) menarik kesimpulan. Hasil Penelitian secara empiris menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open ended dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa pada materi kubus dan balok. Pembelajaran ini dilakukan dengan model kelompok dan individu. Dalam hal ini, siswa diminta untuk mengembangkan penalarannya dengan mencari jawaban atau cara penyelesaian yang tidak tunggal pada suatu masalah yang diberikan.. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi kubus dan balok adalah baik dan siswa juga aktif dalam kerja serta diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada guru agar melaksanakan pembelajaran materi kubus dan balok dengan pendekatan pendekatan open ended sehingga guna meningkatkan pemahaman siswa hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan. Dalam proses pembelajaran, pendekatan open ended memiliki banyak kegunaan. Pendekatan dengan open ended ini terkesan seperti permainan, karena jika dibentuk kelompok, siswa bebas menentukan jawaban atau penyelesaiannya. Selain itu dengan pendekatan ini akan tercipta persaingan yang ketat diantara siswa. Hal ini akan meningkatkan gairah dan motivasi siswa untuk lebih rajin belajar. Kelebihan pendekatan dengan open ended adalah siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan bebas menggunakan pengetahuan dan ketrampilan matematikanya. Sedang kekurangannya adalah sulitnya menyiapkan masalah matematika yang bermakna. Dari kelebihan dan kelemahan pendekatan ini, sudah sepatutnya kita mencoba untuk menerapkan pendekatan ini guna mengembangkan kompetensi yang kita miliki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2015 03:01
Last Modified: 11 Sep 2015 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item