MELATI KHOSI LESTARI, 12205173035 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA PADA MATA-PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MI NU TARBIYATUL-ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (301kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Srategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya melalui Pembelajaran Daring di MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Melati Khosi Lestari, NIM 12205173035, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Bagus Setiawan, M.Pd. Kata kunci : Strategi guru, Kecerdasan kinestetik, Pembelajaran daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa problema yang muncul dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya pada kelas III, diantaranya yaitu dimana terdapat siswa yang keceerdasan kinestetiknya tidak terlalu menonjol pada pembelajaran seni budaya dan prakarya, selain itu pembelajaran daring merupakan hal baru untuk peserta didik serta guru harus menyajikan pembelajaran yang menyenangkan. Untuk itu peneliti ingin mengamati terkait strategi guru dalam meningkatkan keceerdasan kinestetik melalui pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana perencanan guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui pembelajaran daring; 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui pembelajaran daring; 3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik musik siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui pembelajaran daring; Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis defkriptif, kemudian untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamtan dan triangulasi. Penelitian ini berlokasi di MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung dengan subjek guru kelas III, kepala sekolah, dan beberapa peserta didik kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan guru dalam meningkatkan keceerdasan kinestetik siswa pada mata-pelajaran seni budaya dan prakarya melalui pembelajaran daring yaitu menyusun RPP, menentukan sumber belajar, menentukan metode mengajar, dan menentukan media yang digunakan. 2) pelaksanaan guru dalam meningkatkan keceerdasan kinestetik siswa pada mata-pelajaran seni budaya dan prakarya melalui pembelajaran daring yaitu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, menggunakan sumber belajar tidak hanya dari buku melainkan dari aplikasi Youtube, menggunakan metode demonastrasi dan penugasan, menggunakan media whastapp, membimbing siswa. 3) Evaluasi guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui pembelajaran daring yaitu jenis evaluasi yang digunakan formatif dan sumatif, dan aspek yang dinilai dari segi pengetahuan dan ketrampilan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173035 Melati Khosi Lestari |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:41 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 04:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22093 |
Actions (login required)
View Item |