PENGARUH KECERDASAN SOSIAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG

SARI, AYU INDAH (2015) PENGARUH KECERDASAN SOSIAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayu Indah Sari, 3214113181, 2015. “Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: oleh Maryono, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kecerdasan Sosial, Minat Kecerdasan sosial yakni kemampuan seseorang dalam memahami dan mengelola sebuah hubungan sosial. Minat (interest) berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Hasil belajar merupakan perolehan dari proses belajar siswa sesuai dengan tujuan pengajaran. Dalam proses belajar guna memahami materi pelajaran, kecerdasan sosial dan minat belajar sedikit banyak memberikan pengaruhnya, sehingga nantinya juga akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan sosial terhadap hasil belajar, pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, serta pengaruh kecerdasan sosial dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausalitas komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-D, VIII-F, dan VIII-I di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur kecerdasan sosial dan minat belajar masing-masing siswa. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Metode analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, ditambah uji prasyarat regresi linier berganda antara lain uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis menggunakan perhitungan rumus statistik manual dan dengan bantuan aplikasi PASW Statistics 18. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana diperoleh: (a) kecerdasan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan rumus statistik diperoleh t hitung = 2,473 dan t tabel = 1,98350. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 2,473 > 1,98350 dan dengan bantuan aplikasi PASW Statistics 18 diperoleh t hitung = 2,475 dan t tabel = 1,98350. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 2,475 > 1,98350 serta signifikansi 0,015 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar dengan pengaruhnya sebesar 0,057 dijelaskan bahwa 5,7% disebabkan oleh variabel kecerdasan sosial dan 94,7% disebabkan oleh variabel lain. (b) minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan rumus statistik diperoleh t hitung = 1,721 dan t tabel = 1,98350. Sehingga nilai -t tabel ≤ t hitung ≤ t tabel yaitu -1,98350 ≤ 1,721 ≤ 1,98350 dan dengan bantuan aplikasi PASW Statistics 18 diperoleh t hitung = 1,723 dan t tabel = 1,98350. Sehingga nilai -t tabel ≤ t hitung ≤ t tabel yaitu -1,98350 ≤ 1,723 ≤ 1,98350 serta signifikansi 0,088 > 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana diperoleh: kecerdasan sosial dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar dengan rumus statistik diperoleh F hitung = 3,096 dan F tabel = 3,09. Sehingga F hitung > F tabel yaitu 3,096 > 3,09 dan dengan bantuan aplikasi PASW Statistics 18 diperoleh F hitung = 3,099 dan F tabel = 3,09. Sehingga F hitung > F tabel yaitu 3,099 > 3,09 serta signifikansi 0,049 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan sosial dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan pengaruhnya sebesar 0,058 dijelaskan bahwa 5,8% disebabkan oleh variabel kecerdasan sosial dan minat belajar, dan 94,2% disebabkan oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan berpengaruh terhadap hasil belajar, minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, serta kecerdasan sosial dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: AYU INDAH SARI
Date Deposited: 17 Dec 2015 06:29
Last Modified: 17 Dec 2015 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item