PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs SATU ATAP DARUNNAJAH KELUTAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021

BAHI MOCHAMMAD BADRUZ ZAMAN, 12201173379 (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs SATU ATAP DARUNNAJAH KELUTAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021” ditulis oleh Bahi Mochammad Badruz Zaman dan dibimbing oleh Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru,maupun calon guru yaitu kompetensi pedagogik. Masih banyaknya guru yang belum mengembangkan kompetensi pedagogiknya berakibat pada proses pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang menarik siswa. Hal tersebut menjadikan siswa merasa bosan dalam belajar, bahkan ada yang menolak untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedgogik guru dalam aspek memahami siswa terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedgogik guru dalam aspek perencanaan pembelajaran terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedgogik guru dalam aspek pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021. 4) Untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru pada aspek pemahaman terhadap siswa, perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, dan VIII MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek yang berumlah 122 Siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 31 siswa dari jumlah populasi menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kompetensi pedagogik guru dan minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi secara parsial (uji-t) dan simultan (Uji-F) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas sebagai uji prasyarat dengan dibantu program SPSS for Windpws 16.0. berdasarkan hasil analisis didapatkan: 1) Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dalam aspek memahami siswa terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan thitung (3,442) > ttabel (2,473) dan signifikansi 0,002 < 0,05. 2) Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dalam aspek perencanaan pembelajaran terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan thitung (2,890) > ttabel (2,473) dan signifikansi 0,008 < 0,05. 3) Ada pengaruh kompetensi pedgogik guru dalam aspek pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021. yang ditunjukkan dengan thitung (2,532) > ttabel (2,473) dan signifikansi 0,022 < 0,05. 4) Ada pengaruh kompetensi pedgogik guru pada aspek pemahaman terhadap siswa, perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis terhadap minat belajar siswa di MTs Satu Atap Darunnajah Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan Fhitung (80,833) > Ftabel (2,95) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan sumbangan pengaruh antara kompetensi pedagogik guru secara simultan terhadap minat belajar siswa sebesar 90%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173379 BAHI MOCHAMMAD BADRUZ ZAMAN
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:02
Last Modified: 21 Oct 2021 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22875

Actions (login required)

View Item View Item