PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI PENGENALAN BENTUK GEOMETRI SMART BOX di PAUD MELATI DESA BALESONO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

ERNAWATI, 12206173101 (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI PENGENALAN BENTUK GEOMETRI SMART BOX di PAUD MELATI DESA BALESONO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Pengenalan Bentuk Geometri Smart Box di Pendidikan Anak Usia Dini Melati Desa Balesono Kecamatan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ernawati, NIM 12206173101, pembimbing Bp. Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Bentuk Geometri, Smart Box Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi hasil wawancara yang peneliti lakukan di Pendidikan Anak Usia Dini Melati desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Dunia anak adalah dunia bermain yang penuh keceriaan. Keceriaan itu tersirat dari wajah anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan baik dari segi kognitif, efektif, maupun psikomotoriknya melalui aktifitas bermain yang dikemas secara edukatif. Pentingnya pendidikan anak usia dini terutama melalui metode metode permainan edukatif bertujuan untuk mengembangkan aspek kepribadian anak. Pendidikan anak usia dini melalui metode bermain sambil belajar dipandang sangat urgent apalagi anak adalah permata hati yang amat mahal harganya Kedudukan media pengajaran atau alat peraga dapat digunakan sebagai salah satu upaya mempertinggi proses interaksi antara guru dan siswa. media smart box merupakan salah satu upaya mengenalkan bentuk-bentuk geometri. Di mana media yang kreatif, inovatif dan ramah lingkungan dapat dibuat dari kardus bekas dan bahan lainya yang dapat dengan mudah didapatkan yang dibuat semenarik mungkin sehingga siswa tertarik. Pendidikan Anak Usia Dini Melati desa Balesono Ngunut Tulungagung memiliki cara yang menarik dalam mengenalkan bentuk geometri kepada siswa, guru membuat media pembelajaran dengan nama Smart Box. Melalui media Smart box ini anak dapat belajar bentuk-bentuk geometri, sambil bermain dan dengan menggunakan bermacam-macam kegiatan Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; 1).Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui penegnalan bentuk geometri dengan smart box di Pendidikan Anak Usia Dini Melati Balesono? 2). Bagaimana dampak penggunaan media smart box terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa di Pendidikan Anak Usia Dini Melati Balesono? 3)Apa hal-hal yang menghambat guru dalam mengenalkan bentuk geometri melalui smart box pada siswa di Pendidikan Anak Usia Dini Melati Balesono? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah; 1)upaya guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui pengenalan bentk geometri dengn smart box dengan melalui tahapan, bernyanyi lagu geometri, tepuk geometri, menggambar dan membuat bentuk geometri, menggunakan benda kongkrit dan bermain fisik motorik pindah bentuk geometri 2) .Dampak dari pengguannan smart box anak Pendidikan Anak Usia Dini Melati Balesono dapat menyebut dan membedakan bentuk geometri dengan benar dan tepat,3) hambatan dari penggunaan smart box ini adalah kurang nya kreativitas guru kurngnya kerja sama antara walimurid dengan sekolah dan kurangnya ketersediaan tenaga pendidik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173101 ERNAWATI
Date Deposited: 29 Oct 2021 01:09
Last Modified: 29 Oct 2021 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22975

Actions (login required)

View Item View Item