MUHAMMAD KURNIAWAN, 12205173059 (2021) IMPLEMENTASI METODE THORIQOTY DALAM PEMAHAMAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD ISLAM DARUL QUR’AN (PRIORITAS TAHFIDZ) KANIGORO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (860kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (518kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Thoriqoty dalam Pemahaman Membaca dan Menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Darul Qur‟an (Prioritas Tahfidz) Kanigoro Kediri” ini di tulis oleh Muhammad Kurniawan, NIM. 122051 73059, pembimbing Ali Amirul Mu‟minin, M.Pd. Kata Kunci: Metode Thoriqoty, Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metode pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur‟an pada peserta didik untuk memberikan pemahaman yang baik dalam belajar Al-Qur‟an. Namun seiring berkembangnya zaman dan majunya teknologi justru banyak peserta didik yang kurang memahami pembelajaran Al-Qur‟an. oleh sebab itu, diperlukan metode pembelajaran yang baik digunakan untuk menentukan keberhasilan dalam pembelajaran Al-Qur‟an. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah Metode Thoriqoty, karena Metode Thoriqoty termasuk metode yang komplek. Dalam hal ini, peneliti menghubungkannya dengan pemilihan Metode Thoriqoty di SD Islam Darul Qur‟an (Prioritas Tahfidz) Kanigoro Kediri. Fokus penelitian dalam skripsi adalah (1) Bagaimana cara mengajar membaca Al-Qur‟an dengan Metode Thoriqoty di SD Islam Darul Qur‟an (Prioritas Tahfidz) Kanigoro Kediri? (2) Bagaimana cara mengajar menghafal AlQur‟an dengan Metode Thoriqoty di SD Islam Darul Qur‟an (Prioritas Tahfidz) Kanigoro Kediri? (3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur‟an dengan Metode Thoriqoty di SD Islam Darul Qur‟an (Prioritas Tahfidz) Kanigoro Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengajar membaca, menghafal, dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur‟an dengan Metode Thoriqoty di SD Islam Darul Qur‟an (Prioritas Tahfidz) Kanigoro Kediri. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran membaca AlQur‟an diajarkan secara berjenjang. Mulai dengan pembelajaran jilid, juz amma, ghorib, dan tajwid dengan pedoman buku Thoriqoty di kelas 1-4. Mengkhatamkan Al-Qur‟an di kelas 5. Mengulas kembali materi yang telah didapatkan selama kelas 1 -5 di kelas 6. (2) Pembelajaran menghafal Al-Qur‟an dilakukan dengan sistem pembelajaran yang dimulai dari menghafalkan juz 30, kemudian di lanjutkan menghafalkan juz 1 dan juz selanjutnya, sesuai dengan program dan target yang sudah ditentukan. (3) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dengan Metode Thoriqoty dilakukan setiap hari diawal dan diakhir pembelajaran sesuai alokasi waktu yang sudah ditentukan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173059 MUHAMMAD KURNIAWAN |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 01:55 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23032 |
Actions (login required)
View Item |