FAIZATUR ROHMAH, 12206173107 (2021) PENGARUH PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DAN KOGNITIF PADA PENCAPAIAN PEMBELAJARAN CALISTUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUMBERAGUNG REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (274kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (385kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi penelitian kuantitatif dengan judul “Pengaruh Perkembangan Sosial Emosional dan Perkembangan kognitif pada Pencapaian Pembelajaran Calistung Anak Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Faizatur Rohmah NIM. 12206173107 jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si NIP. 198003012014031001 Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Perkembangan Kognitif, Pembelajaran Calistung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya teori yang menunjukkan kemampuan adanya perkembangan sosial emosional dan perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran calistung karena kurangnya perkembangan sosial emosional dan perkembangan kognitifnya yang kurang baik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah perkembangan sosial emosional dan perkembangan kognitif pada pencapaian pembelajaran calistung anak usia 5-6 Tahun di TK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah: 1.) Adakah pengaruh perkembangan sosial emosional pada pencapaian pembelajaran calistung anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung? 2.) Adakah pengaruh perkembangan kognitif pada pencapaian pembelajaran calistung anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung? 3.) Adakah simultan pengaruh perkembangan sosial emosional dan perkembangan kognitif pada pencapaian pembelajaran calistung anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dengan populasi siswa kelas B di TK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung. Sampling dalam penelitian ini menggunkan teknik Simple Random dan memperolah dan memperoleh sampel 29 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Data diperoleh dengan penyebaran 29 siswa kelas B. Semua data dianalisis dengan mengunakan dua uji yaitu: 1.) Uji Prasyarat data yaitu uji Normalitas dan Uji Multikolinearitas 2.) Uji Hipotesis yaitu Uji t parsial dan Uji regresi Berganda. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perkembangan sosial emosional pada pencapaian pembelajaran calistung anak usia 5-6 tahun diTK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung dengan taraf signifikan sebesar 0,057 (0,057 > 0,05) sehingga dalam pengujian ini dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perkembangan kognitif pada pencapaian pembelajaran calistung anak usia 5-6 tahun diTK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung dengan taraf signifikan sebesar 0,347 (0,347 > 0,05) sehingga dalam pengujian ini dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perkembangan sosial emosional dan perkembangan kognitif pada pencapaian pembelajaran calistung anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sumberagung Rejotangan Tulungagung dengan taraf signifikan 0,159 (0,159 > 0,05) sehingga dalam pengujian ini dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > EQ Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173107 FAIZATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 07:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23120 |
Actions (login required)
View Item |