ANALISIS STRATETEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X BAHASA MA SUNAN KALIJOGO PADA PEMBELAJARAN DARING

ESFI AFIFAH NASTAFIDA, 12210173040 (2021) ANALISIS STRATETEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X BAHASA MA SUNAN KALIJOGO PADA PEMBELAJARAN DARING. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis strategi guru dalam pembelajaran menulis puisi kelas X Bahasa MA Sunan Kalijogo pada pembelajaran daring” ini ditulis oleh Esfi Afifah Nastafida, NIM 12210173040, pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci : Strategi, Belajar, Menulis, Puisi, Daring Pada pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh MA sunan kalijogo terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi siswa maupun guru khususnya pada pembelajaran menulis puisi. Kendala yang pertama dihadapi adalah letak sekolah yang berada di dalam lingkungan pondok pesantren sehingga siswa banyak didominasi oleh kalangan santri. Dampak dari siswa yang didominasi oleh kalangan santri adalah penggunaan gawai yang dibatasi oleh aturan pondok. Hal ini menyebabkan pembelajaran secara daring hanya dibatasi selama dua jam perhari, akibat dari pengurangan jam pelajaran membuat beberapa materi tidak dapat tersampaikan dengan baik, maka dari itu dibutuhkan sebuah strategi yang tepat agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X-Bahasa MA. Sunan Kalijogo pada pembelajaran Daring, (2) Bagaimana problematika dan solusi dalam penerapan strategi pembelajaran menulis pusi kelas X Bahasa MA Sunan kalijogo. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari siswa dan guru berupa hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan survey dengan guru serta hasil dokumentasi hasil karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan pertama strategi guru yang digunakan adalah strategi yang berpusat pada siswa, dengan model pembelajaran berbasis projek. Pada model ini siswa ikut berperan secara aktif untuk membuat sebuah karya puisi untuk dibukukan menjadi sebuah antologi puisi. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran ATM(Amati, Tulis, Modifikasi). Dengan metode tersebut siswa dituntut aktif untuk mencari sebuah puisi untuk diamati kemudian di modifikasi menjadi sebuah karya baru. Media pembelajaran dalam pembelajaran menulis puisi secara daring adalah media audio visual yang dapat dilihat melalui aplikasi youtube agar mudah diakses oleh siswa. Pada pengelolaan kelas untuk dapat menciptakan kelas yang kondusif digunakan media google form yang digunakan untuk memberi pertanyaan sesuai dengan materi pembelajaran. evaluasi yang digunakan adalah evaluasi dalam bentuk non tes dengan menggunakan rubrik penilaian. Kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pembelajaran adalah yang pertama plagiasi karya, yang kedua kendala penggunaan jaringan internet dan yang ketiga sistem pengawasan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173040 Esfi Afifah Nastafida
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:08
Last Modified: 25 Nov 2021 01:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23151

Actions (login required)

View Item View Item