MAHMUDI, MOHAMAD (2011) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBALAJARAN DI SMAN 1 PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]
Text
Bab 1, 2 ,3, 4 dan 5 mahmudi ASLI.docx Download (139kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (57kB) |
|
Text
MAHMUDI SAMPUL DEPAN.docx Download (129kB) |
Abstract
Kata kunci : Kompetensi Profesional Guru, Evaluasi pembelajaran. Penelitian dalam skripsi ini mengkaji tentang kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Dalam hal ini peneliti mengadakan penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ponggok Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan evaluasi pembelajaran? (2) Bagaimana kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran? (3) Bagaimana kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan hasil evaluasi pembelajaran? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ponggok Blitar .Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisisis yang dimaulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik trianggulasi yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data yang diperoleh. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, mampu merencanakan, mampu melaksanakan evaluasi, serta memanfaatkan hasil evaluasi, mampu memberikan tindak lanjut, sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pelaksanaanan evaluasi dan memanfaatkan hasil evaluasi. Adapun yang menjadi tolok ukur kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah acuan yang dapat mengkategorikan guru Pendidikan Agama Islam berkompetensi sedang, cukup atau rendah. Dan setelah dilakukan penelitian di SMAN 1 Ponggok Blitar, maka dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Ponggok Blitar memiliki kompetensi yang cukup dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 07:33 |
Last Modified: | 21 Sep 2015 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2327 |
Actions (login required)
View Item |