PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL HIKMAH DOROAMPEL DI MASA PANDEMI COVID 19

NURUL HIDAYATI, 12206173063 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL HIKMAH DOROAMPEL DI MASA PANDEMI COVID 19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai- Nilai Pendidikan Agama islam pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Doroampel di Masa Pandemi Covid 19” ini ditulis oleh Nurul Hidayati, NIM 12206173063, pembimbing Ibu Dr. Hj. Luluk Athirotu Zahro’ M.Pd.I Kata Kunci: Nilai - Nilai Agama Islam, Ketuhidan dan Akhlaqul Karimah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi hasil observasi yang peneliti lakukan di Raudlatul Athfal Al Hikmah Doroampel Tulungagung. Manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka dari itu lingkunganlah yang akan membentuk perkembangan anak, baik dan buruknya lingkungan sekitar yang akan menjadi referensi bagi seorang anak dalam berkepribadian. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilkukan pemerintah, masyarakat, dan keluarga melaui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan yang berlangsung sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peran dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat dimasa yang akan datang. Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam menjadikan anak sebagai individu yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT Raudlatul Athfal Al Hikmah Doroampel memiliki keunggulan yang menjadi ciri khas dari Lembaga ini. Raudlatul Athfal Al Hikmah Doroampel mengutamakan pembelajaran nilai- nilai keislaman dalam proses pembelajarannya. Guru Raudlatul Athfal Al Hikmah Sumbergempol, memiliki banyak cara yang dilakukan untuk menanamkan nilai keislaman kepada anak usia dini dimasa pandemi ini. Guru dan orang tua bekerja sama dalam menanamkan nilai – nilai keislaman kepada siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; 1). Bagaimana penanaman nilai-nilai ketauhidan pada anak usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal Al Hikmah di masa pandemi covid 19? 2)Bagaimana penanaman akhlakul karimah pada anak usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal Al Hikmah di masa pandemi covid 19 ? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah; 1)Penanaman nilai ketauhidan kepada anak dilakukan dengan mewarnai lafadz Asmaul Husna, menyanyi lagu islami, menghafal doa dan surat pilihan, rukun islam,praktek adzan, sholat, membaca huruf hijaiyah dan melihat ciptaan Allah. 2) penanaman akhlaqul karimah dilakukan dengan terbiasa berdoa yang baik dan benar, meminta ijin saat akan bepergian,menyapa guru sambil berjabat tangan, sopan saat ada tamu, merawat tanaman, dan binatang,berbagi, memaafkan,ramah dan santun dalam berbicara.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Covid-19
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173063 NURUL HIDAYATI
Date Deposited: 30 Nov 2021 06:22
Last Modified: 30 Nov 2021 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item