STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQUL KHARIMAH PESERTA DIDIK DI SMKN BANDUNG TULUNGAGUNG

NILA QUROTUL A’YUN, 12201173424 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQUL KHARIMAH PESERTA DIDIK DI SMKN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung”ini ditulis oleh Nila Qurotul Ayun, NIM 1220117342, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Akhlaqul Kharimah. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh semakin minimnya akhlaqul kharimah dan iman peserta didik seiring dengan kemajuan tekhnologi dan perkembangan zaman, sehingga perlu adanya strategi guru dalam meningkatkan akhlaqul kharimah peserta didik di dalam lembaga pendidikan. Sehingga peserta didik dapat mengambil jalan yang benar dan tidak salah dalam menjalani kehidupan, serta bisa dengan mudah membedakan mana hal-hal yang baik dan mana hal-hal yang buruk. Umat islam harus pandai memilah dan memilih mana yang positif dan mana yang negatif agar tidak terjadi degradasi moral, akhlak dan nilainilai agama. fokus penelitian yang terkait dengan penelitian ini adalah: “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik”. Dengan pertanyaan penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana perencanaan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung ? (3) Bagaimana evaluasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung ?. Adapun tujuan penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung (2) Untuk mengetahui pelaksaan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung (3) Untuk mengetahui evaluasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlaqul Kharimah Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil dari penelitian : (1) Berdasarkan hasil dari penelitian perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlaqul kharimah peserta didik yang pertama adalah optimalisasi terhadap peranan MGMP dimapel PAI, selanjutnya dengan cara pembiasaan dan keteladanan peserta didik, lalu menerapkan KD yang terdapat didalam RPP. (2) Berdasarkan hasil dari penelitian pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlaqul kharimah peserta didik dengan menggunakan metode pembiasaan, metode teladan, metode pengarahan, metode hukuman, metode ceramah dan metode nasehat, juga dengan adanya kerjasama antar guru dan juga orang tua. (3) Berdasarkan dari hasil penelitian evaluasi strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlaqul kharimah peserta didik melalui beberapa pengamatan, dengan mengamati bagaimana perubahan sikap peserta didik setelah melakukan kegiatan keagamaan, dan melakukan evaluasi melalui checklist sikap seperti setuju/ tidak setuju, sering/ jarang di dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173424 NILA QUROTUL A’YUN
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:06
Last Modified: 02 Dec 2021 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23324

Actions (login required)

View Item View Item