STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MAKANAN RINGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Jamur Mantan Di Sumbergedong Kabupaten Trenggalek)

DEVI ACIANA PUTRI, 12402173383 (2021) STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MAKANAN RINGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Jamur Mantan Di Sumbergedong Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Pada Usaha Makanan Ringan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Jamur Mantan di Sumbergedong Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Devi Aciana Putri, NIM. 12402173383, dengan dosen pembimbing bapak Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat persaingan yang ketat di dalam dunia usaha khususnya pada usaha olahan makanan ringan. Oleh karena itu sebuah perusahaan harus memiliki suatu strategi pemasaran agar bisnis yang dijalankannya bisa berjalan dengan lancar dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Dengan menggunakan perspektif ekonomi Islam yang baik maka akan membuat sebuah perusahaan tersebut bisa beroperasi secara maksimal berdasarkan ketetapan bisnis secara Islam dan bisa menjaga kepercayaan dari konsumen. Seperti halnya usaha Jamur Mantan yang sudah melakukan strategi pemasaran hingga melakukan penjualan ke Luar Negeri untuk meluaskan pemasaran dari pesaing lain. Rumusan masalah pada penelitian ini: (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh usaha jamur mantan saat memasarkan produknya? (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pemasaran pada usaha jamur mantan? (3) Bagaimana strategi pemasaran usaha jamur mantan dalam perspektif ekonomi islam?. Tujuan dari penelitian ini : (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh usaha jamur mantan. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pemasaran usaha jamur mantan.(3) Untuk mengetahui pemasaran usaha jamur mantan dari sisi perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses pegumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Jamur Mantan telah menerapkan strategi pemasaran dengan melakukan segmentasi, targeting, dan positioning serta bauran pemasaran berupa 4P (product, price, place, promotion). Bauran pemasaran dari usaha jamur mantan juga memiliki faktor pendukung dan penghambat masing-masing. Usaha Jamur Mantan juga menerapkan strategi pemasaran berdasarkan perspektif ekonomi Islam yang berpegang pada prinsiprinsip Islam. Usaha Jamur Mantan juga menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan perspektif ekonomi Islam yang mencontoh cara berdagang Nabi Muhammad SAW yang menerapkan etika bisnis yaitu shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh. Kata Kunci: Faktor Yang Mendukung Strategi Pemasaran, Perspektif Ekonomi Islam, Strategi Pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173383 DECI ACIANA PUTRI
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:04
Last Modified: 10 Dec 2021 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23376

Actions (login required)

View Item View Item