RIFA’I, MAHMUD HUSEIN (2015) PERAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN RADEN PAKU TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (609kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (183kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Mahmud Husein Rifa’i, NIM.3211113118 , Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “ Peran Kyai dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada Santri di Pondok Pesanter Modern Raden Paku Trenggalek ”, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Azizi, M.Pd.I, NIP. 19720601 200003 1 002 Kata K unci: Peran Kyai, Kualitas Pendidikan, Pondok Pesanter Modern Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kyai di Pondok Raden Paku . Kyai berperan sebagai motifator para ustadz dan ustadzah yang diberi tugas oleh kiai untuk mengembangkan pendidika n para santri - santri di Pondok Raden Paku tersebut Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Metode apa yang digunakan Kyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Modern Rade n Paku Trenggalek ? (2) Apa kendala Kyai dalam meningk atkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek ? (3) Bagaimana solusi Kyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek ? Tujua n penelitian dalam ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan cara Kyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan Apa saja kendala Kyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. (3) Untuk mendeskrip sikan solusi Kyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan qualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancar a, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan beberapa cara yakni melaui Presistent observation (ketekunan pengamatan), Triangulasi, Peerderieng (pemeriksaan sejawat melalui diskusi) . Data yang telah didapat selanjutnya dianalisi den gan cara : bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah – milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensistensiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepa da orang lain. Setelah melakukan penelitian tentang peran kyai di pondok modern Raden Paku peneliti menemukan bahwa 1) Kyai di pondok ini mengkoordinasi para ustadz dan ustadazahnya dalam rangka untuk mengembangkan pendidikan para santri dan santriwati ya ng bermukim dipondok pesantren Raden Paku ini. 2) Dalam memimpin pondok pesantren beliau sangat bijaksana di dalam menjaga keutuhan pesantren baik didalam kepengurusan pondok pesantren maupun jalur pendidikan dan beliau juga bisa dijadikan suri tauladan um at. 3) Dalam memimpin pondok Kyai disini mempunyai tujuan yang harus dilaksanakan oleh semua santri, yaitu membangun dan mengembangkan dakwah yang berbau islami.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MAHMUD HUSEIN RIFA’I |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2015 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2357 |
Actions (login required)
View Item |