STRATEGI GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 JOMBANG

MIFTAHUL KHOIRROH, 12208173035 (2021) STRATEGI GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (851kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Biologi dalam Pembelajaran Online pada Situasi Pandemi Covid-19 (Studi di MAN 4 Jombang)” ini ditulis oleh Miftahul Khoirroh, NIM. 12208173035, Jurusan Tadris Biologi, Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Strategi Guru, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Online. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya situasi darurat akibat pandemi covid-19 yang mengakibatkan ditutupnya segala akses termasuk juga akses pendidikan. Pada masa pandemi covid-19, pembelajaran online dijadikan satu solusi untuk tetap dalam melaksanakan proses belajar antara guru dan siswa. Idealnya solusi pembelajaran online tidak hanya sebagai literacy center, tetapi juga merupakan platform yang dapat mengakomodir sistem pembelajaran sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan strategi guru biologi dalam perencanaan pembelajaran online dalam situasi pandemi covid-19. (2) Menjelaskan strategi guru biologi dalam pelaksanaan pembelajaran online dalam situasi pandemi covid-19. (3) Menjelaskan strategi guru biologi dalam penilaian peserta didik pada pembelajaran online dalam situasi pandemi covid-19. (4) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran online dalam situasi pandemi covid-19. (5) Menjelaskan cara mengatasi faktor penghambat yang dihadapi guru biologi dalam melakukan pembelajaran online dalam situasi pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Alamat lengkap yaitu di jalan KH. Bisri Syansuri, Denanyar Selatan, Denanyar, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61416. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang berkaitan yakni Waka Kurikulum, dan beberapa guru biologi MAN 4 Jombang, untuk diketahui tentang perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan kendala dalam pembelajaran online di MAN 4 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) para informan yaitu strategi pembelajaran yang digunakan pengajar dalam pembelajaran biologi pada masa pandemi virus corona di MAN 4 Jombang dilakukan dengan penyusunan yang esensial, pada awalnya pendidik membuat materi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara individual karena disesuaikan dengan jadwal Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) pada saat itu. pandemi virus corona. 2) Pemanfaatan strategi pembelajaran difokuskan pada strategi online melalui materi yang dikirimkan oleh pengajar. 3) Media yang digunakan adalah media berbasis penglihatan dan suara sebagai modul powerpoint dan media korespondensi untuk tahap whatsapp group dan google Classroom. 4) Faktor pendukung sumber belajar, kuota, disiplin dan tanggung jawab siswa. Meskipun telah didukung dengan adanya aplikasi dari pemerintah yaitu aplikasi e-learning komunikasi para siswa beradaptasi dengan teknologi. Teknologi yang digunakan berupa e-learning, Google Classroom dan WhatsApp, serta para siswa mendapatkan bantuan kuota dari pemerintah untuk meringankan beban para orang tua. Serta faktor penghambat misalnya wajib dalam organisasi, setiap siswa itu unik, ada yang tinggal di komunitas perkotaan, ada yang tinggal di kota dan bahkan ada yang tinggal di daerah yang jauh dari inklusi jaringan. 5) Solusinya yaitu dengan pemantauan siswa belajar serta pengawalan pemanfaatan bantuan kuata data gratis dari pemerintah agar dapat digunakan oleh para siswa dengan optimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Guru
Pandemi
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173035 MIFTAHUL KHOIRROH
Date Deposited: 21 Dec 2021 02:31
Last Modified: 21 Dec 2021 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23599

Actions (login required)

View Item View Item