PENGEMBANGAN MEDIA PAPER (PAPAN PERKALIAN) BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH TULUNGAGUNG DI MASA PANDEMI COVID-19

LINA JINATUL FALAH, 12505194004 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPER (PAPAN PERKALIAN) BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH TULUNGAGUNG DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABTRAK Tesis ini dengan judul “Pengembangan Media PAPER (Papan Perkalian) Berbasis Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung Di Masa Pandemi Covid-19” yang telah di tulis oleh Lina Jinatul Falah dengan dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M dan Prof. Dr. H.Akhyak, M.Ag. Kata kunci : Media PAPER (Papan Perkalian) Berbasis Video, Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan matematika peserta didik kelas II MI Plus Al- Istighotsah pada materi perkalian dengan nilai rata-rata peserta didik 67. Hasil dari ulangan tersebut banyak yang belum tuntas. Permasalahan itu berawal dari proses pembelajaran secara online yang belum menggunakan media, hanya meminta peserta didik untuk membaca dan menghafal materi, sehingga menghambat pemahaman peserta didik. Matematika, khususnya materi perkalian membutuhkan alat bantu untuk menyampaikan materi, agar materi yang awalnya abstrak, lebih konkret dan mudah dipahami peserta didik serta dapat memotivasi peserta didik. Rumusan masalah dalam Tesis ini adalah (1) Bagaimana desain pengembangan media PAPER (Papan Perkalian) berbasis video dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas II MI Plus Al-Istighotsah tulungagung di masa pandemi covid-19?, (2) Adakah pengaruh media PAPER (Papan Perkalian) berbasis video terhadap hasil belajar matematika kelas II MI Plus Al-Istighotsah tulungagung di masa pandemi covid-19?, Jenis penelitian ini menggunakan jenis Research and development. Penelitian ini dilaksanakan di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua kelas II dengan jumlah 79 peserta didik. Sampel yang digunakan peneliti adalah peserta didik kelas II C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas II B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh media PAPER (Papan Perkalian) berbasis video terhadap hasil belajar matematika kelas II MI Plus Al Istighotsah tulungagung di masa pandemi covid-19. Hasil analisis data dalam penelitian ini antara lain: 1) Produk ini dihasilkan berupa media PAPER (Papan Perkalian) yang terbuat dari kayu dengan kombinasi kertas warna pada bagian deret bilangan pengali, deret bilangan penjumlah dan pembatas kolom yang telah di presmika, kemudian untuk cara penggunannya dikemas dalam bentuk video. Di dalam video dijelaskan bagian - bagian dari media PAPER (Papan Perkalian) yang meliputi judul papan perkalian, deret bilangan pengali, deret bilangan penjumlah, kotak tengah untuk menaruh kartu bulatan kecil, kartu soal, kartu bulatan kecil dan kartu hasil perkalian serta cara menggunakan media PAPER (Papan Perkalian). 2) Berdasarkan hasil dari nilaipost test dengan analisis uji t-test menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,087 > 1,697. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh PAPER (Papan Perkalian) berbasis video terhadap hasil belajar matematika kelas II MI Plus Al-Istighotsah tulungagung di masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505194004 LINA JINATUL FALAH
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:26
Last Modified: 10 Jan 2022 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23732

Actions (login required)

View Item View Item