A'YUNINNA KHUSNATUL MUFIDAH, 12402173186 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UD. TRI MULYA ONIX KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Produk UD. Tri Mulya Onix Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif” yang ditulis oleh A’yuninna Khusnatul Mufidah, NIM. 12402173186, dengan pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kabupaten Tulungagung yang memiliki sebutan “Kota Marmer”. Hal ini dikarenakan Kabupaten Tulungagung memiliki potensi alam unggulan berupa batu marmer. Banyaknya perusahaan sejenis tentunya menimbulkan persaingan yang ketat sehingga perusahaan harus melakukan suatu strategi untuk meraih keunggulan kompetitif yang salah satunya yaitu strategi pengembangan produk. UD. Tri Mulya Onix merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri marmer yang telah melakukan strategi pengembangan produk yang pemasarannya mencapai pasar internasional. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana kondisi persaingan produk UD. Tri Mulya Onix dalam meningkatkan keunggulan kompetitif? (2)Bagaimana strategi pengembangan produk UD. Tri Mulya Onix untuk meningkatkan keunggulan kompetitif? (3)Bagaimana kendala dan solusi yang dilakukan UD. Tri Mulya Onix dalam penerapan strategi pengembangan produk. Tujuan penelitian ini yaitu: (1)Untuk menganalisa kondisi persaingan produk UD. Tri Mulya Onix dalam meningkatkan keunggulan kompetitif (2)Untuk menganalisa strategi pengembangan produk UD. Tri Mulya Onix untuk meningkatkan keunggulan kompetitif (3)Untuk menganalisa kendala dan solusi yang dilakukan UD. Tri Mulya Onix dalam penerapan strategi pengembangan produk. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang mana peneliti melakukan observasi, wawancara, dan pengambilan dokumentasi secara langsung dengan teknik analisis menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan data salah satunya menggunakan proses triangualasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1)Kondisi persaingan produk yang dihadapi oleh UD. Tri Mulya Onix yaitu berkaitan dengan persaingan kualitas, harga, kecepatan waktu pengiriman, inovasi produk dan time to market. (2)Strategi pengembangan produk yang dilakukan dengan menerapkan 8 tahapan yakni penciptaan ide, penyaringan ide, pengembangan dan pengujian konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, dan komersialisasi. Strategi pengembangan produk yang dilakukan yaitu dengan strategi diferensiasi, strategi kepemimpinan biaya, dan strategi fokus (3)Adapun kendala yang dihadapi dalam pengembangan produk baru yaitu terletak pada proses pembuatan produk seperti bentuk cetakan yang tidak sesuai, pengendapan warna dan butiran terazzo, takaran yang tidak sesuai, dan lain-lain. Adapun upaya/solusi yang diterapkan dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan memperbaiki cetakan agar bentuknya sempurna, menstabilkan pengadukan bahan, dan lain-lain. Kata kunci : Industri Marmer, Persaingan, Strategi Pengembangan Produk
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402173186 A'yuninna Khusnatul Mufidah |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 05:18 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 05:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23743 |
Actions (login required)
View Item |