STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA KOTAK KUBUS DI PAUD AL AMIN TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

MEGA INDAH ELVARIANI, 12206173069 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA KOTAK KUBUS DI PAUD AL AMIN TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media kotak kubus di PAUD Al Amin Tanjungsari Boyolangu Tulungagung” yang ditulis oleh Mega Indah Elvariani” yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Perkembangan Kognitif, Kotak Kubus Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa kemampuan kognitif anak sudah bagus perkembangan kognitif tersebut salah satunya setelah dilakukan observasi dan wawancara pendahuluan guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah Kotak Kubus.Saat anak bermain menggunakan kotak kubus, anak secara langsung maupun tidak akan mempelajari berbagai bentuk(geometris), belajar untuk bisa berkonsentrasi, dan menekuni tugasnya. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media kotak kubus di PAUD Al Amin Tanjungsari Boyolangu Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi strategi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media kotak kubus di PAUD Al Amin Tanjungsari Boyolangu Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media kotak kubus di PAUD Al Amin Tanjungsari Boyolangu Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media kotak kubus di PAUD Al Amin Tanjungsari Boyolangu Tulungagung dilakukan dengan: penyusunan program semester (prosem), Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). 2) Implementasi strategi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media kotak kubus di PAUD Al Amin Tanjungsari Boyolangu Tulungagung dilaksanakan dengan melalui kegiatanan awal yaitu senam pagi, berbaris, masuk kelas dan berdoa sebelum belajar, mengucapkan janji-janji murid, pancasila serta menyampaikan tema dan sub tema, pada kegiatan inti ada tiga kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan anak-anak yaitu Kegiatan I: Menyusun Kotak kubus sesuai bentuk Kegiatan II: Menyebutkan angka yang ada pada kotak kegiatan III: Menghitung jumlah kotak/kubus. Selain itu guru mencantumkan alokasi waktu untuk istirahat makan bersama dan bermain.Selanjutnya mencantumkan kegiatan akhir, di kegiatan akhir ini guru guru bertanya kepada anak menanyakan kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan berdoa sebelum pulang.3) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media kotak kubus di PAUD Al Amin Tanjungsari Boyolangu Tulungagung dilakukan dari awal sampai pada kegiatan akhir. Pada kegiatan awal guru bertanya tentang kegiatan yang sudah dilakukan hari sebelumnya mengenai kotak kubus dan melakukan tanya jawab pada saat mengenalkan dan menjelaskan macam-macam kotak kubus. Guru melakukan tanya jawab mengenai kegiatan permainan dengan menggunakan media kotak kubus, dan selalu mengamati setiap kegiatan anak. Guru dalam mengevaluasi kegiatan berlangsung dari awal sampai pada kegiatan akhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173069 MEGA INDAH ELVARIANI
Date Deposited: 29 Dec 2021 08:46
Last Modified: 29 Dec 2021 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23798

Actions (login required)

View Item View Item