STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MTsN 2 KOTA BLITAR

ARAFA ABDULLATEH, 12201173418 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Arafa Abdullateh, NIM. 12201173418, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Annas Ribab Sibilana. M. Pd.I. Kata Kunci: Strategi guru PAI, Meningkat perilaku islami, Pembelajaran daring Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa strategi guru PAI guna dalam meningkat perilaku islami siswa, agar siswa aktif dalam mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, keperibadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan mayarakat, bangsa dan negara. Selama pembelajaran di masa pendemi COVID-19 situasi pembelajaran mulai berpusat kepada pembelajaran daring, sehingga perilaku siswa tetap dibentuk karena tingkat kemalasan siswa saat pembelajaran daring juga meningkat. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku islami siswa dalam pembelajaran Daring di MTsN 2 Kota Blitar? (2) Bagaimana kendala yang di hadapi guru PAI dalam meningkatkan perilaku islami siswa dalam pembelajaran daring di MTsN 2 Kota Blitar? (3) Apa faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan perilaku islami siswa dalam pembelajaran Daring di MTsN 2 Kota Blitar? Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku islami siswa dalam pembelajaran daring di MTsN 2 Kota Blitar? (2) Untuk mengetahui bagaimana kendala yang di hadapi guru PAI dalam meningkatkan perilaku islami siswa dalam pembelajaran daring di MTsN 2 Kota Blitar? (3) Untuk mengetahui apa faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan perilaku islamu siswa dalam pembelajaran daring di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang diambil oleh Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru PAI. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pelaksanaan strategi yang dilakukan guru PAI di MTsN 2 Kota Blitar menyangkut dua komponen: Pertama perencanaan Strategi pembelajaran yaitu dengan membuat RPP, menggunakan metode dan media sesuai dengan sistem pembelajaran di masa pendemi COVID-19, Kedua pelaksanaan Strategi pembelajaran yaitu beri contoh dan menyiapkan siswa, aktif mengingatkan siswa, evaluasi pembelajaran, sanksi atau hukuman dan bekerja sama dengan orangtua. (2) Kendala yang di hadapi guru PAI yaitu tidak interaksi secara langsung dengan siswa, siswa merasa kesulitan dalam memahami materi, tidak mengikuti pembelajaran dan tidak mengumpulkan tugas, guru kurangtau mana siswa yang benar-benar mengerjakan sendiri dan siswa yang mencontek pekejaan temannya. (3) Faktor pendudukng strategi guru PAI dalam meningkatkan perilaku islami siswa dalam pembelajaran daring adalah adanya kontrol dari kepala Madrasah dan adanya bantuan dari orang tua siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173418 ARAFA ABDULLATEH
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:36
Last Modified: 31 Dec 2021 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23812

Actions (login required)

View Item View Item