MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di MIN 2 Doko Kediri dan SD Plus Rahmat Kediri)

MARITA LAILIA RAHMAN, 17502165009 (2021) MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di MIN 2 Doko Kediri dan SD Plus Rahmat Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan Judul “Manajemen Kurikulum 2013 dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Multikasus di MIN 2 Doko Kediri dan SD Plus Rahmat Kediri)” ini ditulis oleh Marita Lailia Rahman dengan Promotor Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag, Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. Ngainun Naim, M.HI. Kata Kunci : Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Tindak Lanjut, Kurikulum 2013, Karakter Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh adanya degradasi moral yang terjadi pada anak-anak dan remaja yang ada di Indonesia sehingga lembaga pendidikan mengelola kurikulum agar terjadi gradasi karakter peserta didik. Kedua lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Doko Kediri dan SD Plus Rahmat Kediri adalah salah satu lembaga pendidikan yang mengelola kurikulum 2013 meliputi perencanaan Kurikulum 2013, implementasi kurikulum 2013, evaluasi Kurikulum 2013 serta tindak lanjut Kurikulum 2013. Pengelolaan dilakukan dengan menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum lokal dalam kegiatan pembiasaan pada peserta didik. Pertanyaan penelitian dalam disertasi ini adalah (1) bagaimana perencanaaan Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik? (2) bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik ? (3) bagaimana evaluasi Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik ? dan (4) bagaimana tindak lanjut (follow up) Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik ? Peneliti menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologis dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data tunggal dan analisis lintas kasus. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi antar sumber, triangulasi antarmetode. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik dilakukan dengan menganalisis kondisi internal dan eksternal lembaga, menentukan visi dan misi lembaga, menetapkan tujuan lembaga, mendesain proses kegiatan belajar mengajar berbasis karakter, merancang workshop/pelatihan guru (2) Implementasi Kurikulum 2013dalam membentuk karakter peserta didik dilakukan dengan mengembangkan visi, misi, dan tujuan lembaga dalam kegiatan terprogram, mengkonstruk kurikulum lembaga dengan pendekatan saintifik, mengembangkan paikem dalam proses pembelajaran, internalisasi nilainilai karakter dalam proses kegiatan belajar mengajar, berpartisipasi dalam kegiatan workshop berkelanjutan di dalam dan luar lembaga(3) evaluasi Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik dilakukan dengan memerinci dokumen kurikulum, memproyeksikan kegiatan pembelajaran, menilai hasil belajar peserta didik, merekomendasikan guru dalam kegiatan workshop pelatihan, mengadakan rapat berjenjang (4) tindak lanjut Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik dapat dilakukan dengan, Perbaikan Kurikulum 2013 dengan melaksanakan raker dan rapat berjenjang, melakukan pendampingan orang tua berdasarkan kebijakan lembaga, mengembangkan workshop/ pelatihan guru, peningkatan Kurikulum 2013 dengan mengkombinasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan intra dan ekstrakurikuler, memberikan reward kepada guru dan peserta didik yang berprestasi berdasarkan kebijakan lembaga masing masing.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17502165009 MARITA LAILIA RAHMAN
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:28
Last Modified: 10 Jan 2022 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23948

Actions (login required)

View Item View Item