ANDRIANI INTAN HIDAYAH, 12201173345 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 3 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Andriani Intan Hidayah, 12201173345, 2021. Skripsi dengan judul Implementasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Menumbuhkan Kemandirian Peserta didik di SMP Negeri 3 Blitar. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Di bimbing oleh H. Muh. Nurul Huda,MA Kata kunci: Pembelajaran Daring, Komunikasi, Memberikan Tugas Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penyebaran virus corona yang terjadi beberapa bulan terakhir, menjadikan banyak sektor yang harus mengubah sistem atau metode dalam pelaksanaan operasionalnya termasuk sistem pendidikan. Proses pembelajaran yang biasanya berjalan normal di dalam kelas, kini mau tidak mau harus diubah demi menjaga keselamatan pendidik maupun peserta didik. Merebaknya pandemic mengharuskan pemerintah mengambil langkah pencegahan dengan membuat aturan agar masyarakat senantiasa tinggal di rumah (Stay at Home), sehingga hampir semua kegiatan dilaksanakan dari rumah (Work From Home). Begitu juga dengan pendidikan, pelaksanaan pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing (Study From Home) melalui online. Pada saat pembelajaran online, maka komunikasi jarak jauh tidak lepas dengan penggunaan telepon genggam, tablet, atau laptop berikut koneksi. internet yang dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid 19 Untuk Menumbuhkan Kemandirian belajar Peserta Didik di SMPN 3 Kota Blitar; 2) Untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Daring melalui Whatsapp Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid 19 Untuk Menumbuhkan Kemandirian belajar Peserta Didik di SMPN 3 Kota Blitar; 3) Untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Daring melalui Google Classroom Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid 19 Untuk Menumbuhkan Kemandirian belajar Peserta Didik di SMPN 3 Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, menggunakan analisis dengan penelaran induktif. Mengambil latar belakang SMP Negeri 3 Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pemberian makna terhadap data yang telah selesai dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu mencocokkan data hasil wawancara dan dokumentasi dengan hasil pengamatan langsung (observasi). Hasil penelitian ini Menunjukan bahwa 1) Implementasi Pembelajaran Daring adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara Daring (PJJ) sesuai himbauan pemerintah selama pandemi. Pembelajaran daring ini juga bisa membuat siswa mengetahui tentang penggunaan internet yang layak. Pembelajaran daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini dirasa sangat efektif untuk saat ini; 2) Implementasi Pembelajaran Daring melalui Whatsapp Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemic Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di SMPN 3 Kota Blitar yaitu berkomunikasi jarak jauh dan bisa menumbuhkan rasa kemandirian kepada siswa agar siswa yang aktif dalam bertanya terhadap gurunya. Guru juga bisa mengetahui kekurangan siswa saat dirumah agar bisa memberikan motivasi tentang belajar kepada peserta didik yang sekiranya kurang faham dengan pembelajaran; 3) Implementasi Pembelajaran Daring melalui Google classroom Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemic Untuk Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik di SMPN 3 Kota Blitar yaitu aplikasi khusus yang digunakan untuk pembelajaran daring dengan dilaksanakan dari jarak jauh. Aplikasi Google Classroom ini dapat mempermudah guru membagikan atau memberikan tugas dengan sudah adanya foto dan juga video agar peserta didik dapat memahami tugas yang diberikan gurunya secara mandiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hidayah 12201173345 Andriani Intan |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 06:36 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24003 |
Actions (login required)
View Item |