PERAN GURU DALAM MEMBENTUK HARD SKILL MELALUI PROGRAM DOUBLE TRACK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

AGUS ABDILLAH, 12201173290 (2021) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK HARD SKILL MELALUI PROGRAM DOUBLE TRACK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Agus Abdillah, NIM. 12201173290. 2021. “Peran Guru dalam Membentuk Hard Skill melalui Program Double Track pada Peserta Didik di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Tadjudin, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Hard Skill, dan Double Track Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh siswa SMA yang tidak semuanya mempunyai kesempatan serta keinginan atau minat untuk melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi yakni PTN/PTS. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengeluarkan peraturan Gubernur Jawa Timur tentang program double track pada SMA sebagai alternatif solusi menyiapkan lulusan SMA maupun MA dengan bekal keterampilan dan sertifikat untuk kerja. Dalam pelaksanaannya tentu tidak lepas dari peran guru, sehingga peranan guru sangatlah besar dampaknya terhadap kualitas belajar peserta didik, diantaranya ialah guru berperan sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator. Tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan guna mencetak generasi yang lebih unggul, siap pakai, dan mampu bersaing menghadapi segala tantangan yang ada di masyarakat. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam membentuk hard skill melalui program double track pada peserta didik di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam membentuk hard skill melalui program double track pada peserta didik di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam membentuk hard skill melalui program double track pada peserta didik di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam membentuk hard skill melalui program double track pada peserta didik di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam membentuk hard skill melalui program double track pada peserta didik di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai evaluator dalam membentuk hard skill melalui program double track pada peserta didik di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Desa Ngubalan, Kecamatan Kalidawir, Kabubaten Tulungagung, Jawa Timur. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Pengabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Guru sebagai Pembimbing adalah memberikan pengenalan terhadap materi pembelajaran, memberikan materi pembelajaran serta penguatan sesuai dengan jurusanya masing-masing, memberikan pemahaman tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan keterampilan, memberikan bimbingan dengan praktik langsung dan sangat tekun, memberikan bimbingan secara penuh atau totalitas, memberi arahan penyelesaian masalah, membimbing sampai peserta didik benar-benar bisa, mengerti, faham, dan dapat mengaplikasikan keterampilannya. (2) Peran Guru sebagai Motivator adalah memberikan ceramah kepada peserta didik agar semangat dan bersungguh-sungguh, memberikan reward kepada peserta didik baik dalam bentuk hadiah maupun pujian, memberikan gambaran pentingnya ilmu dan pemahaman pentingnya hard skill, memberi dorongan dan semangat secara langsung dalam praktek, mencarikan orderan atau pesanan produk atau barang, dan mengembangkan motivasi intrinsik peserta didik. (3) Peran Guru sebagai Evaluator adalah melakukan evaluasi berdasarkan pedoman buku modul yang sudah diberikan, melakukan penilaian secara langsung saat proses kegiatan belajar-mengajar, melakukan evaluasi dari tingkat kehadiran peserta didik dalam mengikti pembelajaran, memberikan ujian kompetensi lokal, mengkoreksi hasil karya peserta didik, menilai dari hasil ujian teori dan praktek peserta didik, dan memberikan intruksi kepada peserta didik bahwa mereka harus memiliki kelompok usaha yang harus sudah mempromosikan usahanya di media sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173290 Agus Abdillah
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:12
Last Modified: 11 Jan 2022 05:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24020

Actions (login required)

View Item View Item