DIYAH AYURETNASARI, 12201173160 (2021) STRATEGI GURU RUMPUN PAI DALAM MEMBIASAKAN SALAT DHUHA BERJAMAAH PESERTA DIDIK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (931kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (508kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (348kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (872kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (423kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Rumpun PAI dalam Membiasaan Salat Dhuha Berjamaah Peserta Didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar”, ini ditulis oleh Diyah Ayuretnasari, NIM: 12201173160. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulunggaung. Pembimbing: Muyassaroh, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Pembiasaan Salat Dhuha Penurunan kesadaran peserta didik dalam menjalankan misi sekolah berupa penanaman nilai-nilai religius ala ahli sunah waljama’ah sebagai kultur warga sekolah dan lingkungan belajar. Banyak orang yang mengaku Islam namun enggan untuk melaksanakan salat berjamaah, mereka lebih mementingkan urusan dunia dari pada akhirat. Oleh karena itu, pihak sekolah berusaha untuk menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah di sekolah. Para guru berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat membiasakan peserta didik untuk disiplin beribadah dan membentuk kepribadian baik bagi peserta didik serta sebagai pondasi dalam mempertahankan ke Islaman dan ketaqwaan seseorang supaya terhindar dari perbuatan keji dan mukar. Fokus penelitian ini adalah: perencanaan strategi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar, pelaksanaan strategi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar, evaluasi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar, untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar, dan untuk mendeskripsikan evaluasi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu guru rumpun PAI dan siswa. Adapun guru rumpun PAI dalam penelitian ini yaitu guru fiqih, guru akhidah akhlak, dan guru qur’an hadits. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, pengecekan teman sejawat, menggunaan bahan referensi, mengadakan membercheck. Hasil penelitian menujukkan bahwa: perencanaan strategi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik MA Darul Huda Wonodadi Blitar meliputi: memberikan sosialisasi tentang salat dhuha berjamaah dan rangkaian keagamaan yang dilakukan sebelum salat dhuha dimulai, presensi salat dhuha, memberikan sanksi. Pelaksanaan strategi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik MA Darul Huda Wonodadi Blitar meliputi: adanya kerjasama antar guru, rangkaian keagamaan sebelum salat dhuha berjamaah dimulai. Sebelum melaksanakan salat dhuha terlebih dahulu membaca rangkaian keagamaan yang sudah ditetapkan dari MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Adapun rangkaian keagamaan yang dibacasebaga berikut: Surat Yasin, Surat Al-Mulk, Surat An-Naml ayat 30-31, Surat At-Taubah 128-129, Solawat Nariyah, Solawat Bahriya, Asmaul Husna, dan dilanjut salat dhuha. Adanya pengarahan dari imam. Evaluasi strategi guru rumpun PAI dalam menerapkan pembiasaan salat dhuha berjamaah peserta didik MA Darul Huda Wonodadi Blitar meliputi: Evaluasi dengan melihat langsung perilaku peserta didik sehari-hari. Keberhasilan penerapan pembiasaan salat dhuha berjamaah dilihat dari aspek psikomotor atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Evaluasi dengan para guru setiap sebulan sekali. Evaluasi yang melibatkan peran orang tua dan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173160 DIYAH AYURETNASARI |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 06:07 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 06:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24047 |
Actions (login required)
View Item |