STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BLITAR

DEWI AYU FATMALASARI, 12205173119 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III masa pandemi COVID-19 di MIN 2 Blitar” yang ditulis oleh Dewi Ayu Fatmalasari, NIM. 12205173119, pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan. Intitut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung). Kata kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Kendala. Pada penelitian ini dilatar belakangi dimasa pembelajaran daring yang masih berlaku sampai sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui minat dan strategi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika sekaligus untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dimasa pandemi COVID-19. Pelajaran Matematika sendiri merupakan pembelajaran yang wajib dan penting untuk dipelajari dan pembelajaran Matematika dapat berguna dalam bermasyarakat. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Masa Pandemi COVID-19 di MIN 2 Blitar, 2) Bagaimana Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Masa Pandemi COVID-19 di MIN 2 Blitar, 3) Bagaimana Kendala Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Masa Pandemi COVID-19 di MIN 2 Blitar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Fenomenologi. Lokasi penelitian terletak di MIN 2 Blitar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dipakai ada 2 yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengecekan keabsahan data menggunakan keajekan data, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III masa pandemi COVID-19 yaitu menurun, dikarenakan adanya perubahan sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka digantikan dengaan pembelajaran daring atau secara online. 2) strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan strategi problem solving, yang digunakan metode ceramah, demonstrasi, discovery, dan Latihan/drill. 3) kendala yang dihadapi guru yaitu keberagaman pekerjaan orang tua, gangguan jaringan, kurangnya penguasaan media atau aplikasi pembelajaran, serta kurang memadai fasilitas bagi siswa yang berada di pondok pesantren, dan kurang maksimal dalam mengukur kecapakan dan penilaian siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173119 Dewi Ayu Fatmalasari
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:03
Last Modified: 19 Jan 2022 01:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24201

Actions (login required)

View Item View Item