OFTAVIANA PUJI PURWENI, 12210173059 (2021) PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MA DARUH HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (406kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (721kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (187kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Talking Stick terhadap Minat Belajar Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Oftaviana Puji Purweni, NIM. 12210173059, pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata kunci: Model Talking Stick, minat belajar, teks eksposisi Minat belajar menulis teks eksposisi di kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar masih rendah. Rendahnya minat belajar dapat berpengaruh pada nilai mata pelajaran tersebut. Jika dilihat dari sisi psikologis, minat belajar memiliki pengaruh yang besar dalam diri siswa. Dengan adanya minat yang kuat, siswa akan memiliki semangat yang kuat pula agar segala yang diingkannya dapat terwujud. Dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan rasa penasaran siswa untuk mengikuti pembelajaran, hal tersebut akan berpengaruh pada minat siswa dalam belajar, misalnya dengan menggunakan model Talking Stick. Dengan menggunakan model Talking Stick siswa, diajak untuk lebih aktif dan berani mengutaran pendapat mereka. Sejauh ini penelitian membuktikan bahwa model Talking Stick efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Namun, masih jarang ditemukan penelitian tentang pengaruh model Talking Stick terhadap minat belajar menulis teks eksposisi. Berdasarkan penjelas tersebut maka perlu diuji apakah model Talking Stick berpengaruh terhadap minat belajar menulis teks eksposisi atau tidak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model talking stick terhadap minat belajar menulis teks eksposisi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar yang berjumlah dua kelas yang terdiri dari 1 kelas MIA dan 1 kelas IIS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu jenis angket tertutup. Angket ini digunakan untuk mengukur minat belajar menulis teks eksposisi. Angket yang berupa data kualitatif diubah kedalam data kuantitatif. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi, nilai maksimum dan minim pada kelas kontrol dan kelas eksperimen), uji normalitas dan uji homogenitas. Langkah selanjutnya, yaitu dilakukan uji t untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick terhadap minat belajar menulis teks eksposisi. Hasil dari penelitian ini dilihat dari rata-rata skor minat belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 35,13, sedangkan untuk rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 45. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui hasil dari uji t diperoleh nilai sig sebesar 0,000. Dengan demikian, nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan kriteria uji independent sampel t-test Ho ditolak dan Ha diterima karena menunjukan nilai 0,000<0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar menulis teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173059 OFTAVIANA PUJI PURWENI |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 03:51 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 03:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24283 |
Actions (login required)
View Item |