PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR ANAK DI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI PAUD MAMBAUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

NUR SAMSIYAH, 12206173104 (2021) PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR ANAK DI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI PAUD MAMBAUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pendampingan Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Anak di Rumah di Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Mambaul Huda Ngunut Tulungagung” yang ditulis oleh Nur Samsiyah , NIM 12206173104” pembimbing Ibu Dr. Hj. Luluk Athirotu Zahro’ M.Pd.I Kata Kunci: Pendampingan Orang tua, kegiatan belajar, masa pandemi Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dari munculnya Covid 19 saat ini telah menjajah negara indonesia, dimana penyebaran penyakit tersebut sangat cepat. Bukan hanya di Indonesia, bahkan di penjuru dunia saat ini sedang mengalami krisis kesehatan. Namun saat ini dampak dari wabah tersebut juga dirasakan oleh dunia pendidikan. Orang tua pada awalnya berperan dalam membimbing sikap serta ketrampilan yang mendasar, seperti pendidikan agama untuk patuh terhadap aturan, dan untuk pembiasaan yang baik. Namun pada masa pandemic ini, orang tua perannya menjadi meluas yaitu sebagai pendamping pendidikan akademik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; 1). Bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dimasa Pandemi covid 19? 2)Bagaimana interaksi guru dan siswa serta orang tua dalam mendampingi anak belajar dimasa pandemi covid 19? 3)Bagimanakah hasil orang tua dalam mendampingi belajar anak pada masa Pandemi covid 19? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. studi kasus adalah salah satu bentuk penelitian kualitatif yang berbasis pada pemahaman dan perilaku manusia berdasarkan pada opini manusia. Subjek dalam penelitian dapat berupa individu, group, instansi ataupun masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah; 1) Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dimasa pandemi covid -19. Orang tua menjadi penentu berlangsung atau tidak nya dalam sebuah proses pembelajaran di PAUD Mambaul Huda Pandansari Ngunut.2) Hubungan antara guru, orang tua dan murid, pada proses pembelajaran dimasa pandemic ini adalah sebagai satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. PAUD Mambaul Huda Pandansari memiliki cara yang dapat dilakukan dalam menciptakan interaksi antara guru orang tua dan siswa, dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dari Rumah (RPPDR), 3) Sisi positif pendampingan arang tua belajar dari rumah dimasa pandmei adalah, Kebersamaan dengan keluarga menjadi lebih banyak. Membantu proses perkembangan emosional anak, dan Orang tua dapat menjadi teladan yang baik bagi anak Segi negatif hasil pendampingan belajar dari orang tua dimasa pandemic ini adalah, orang tua mendampingi belajar anak hanya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh orang tua sehingga hasil belajar berbeda dengan hasil yang diharapkan oleh guru. Orang tua kurang sabar dan telaten dalam mendampingi anak belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pandemi
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1220617310 NUR SAMSIYAH
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:01
Last Modified: 25 Jan 2022 01:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item