AYU LISNA DYA FALENTIN, 12205173291 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE AN-NAHDLIYAH DI MI DARUL HUDA SUMBER POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (63kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (238kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (118kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Ayu Lisna Dya Falentin. NIM. 12205173291. Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Nur Kholis, M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Pemahaman peserta didik, Metode An-Nahdliyah Adapun fokus dari penelitian ini adalah strategi guru dalam meningktkan pemahaman peserta didik melalui metode An-Nahdliyah di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung Berdasarkan fokus penelitian tersebut maka pertanyaan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui metode An-Nahdliyah di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung?, (2) Bagaimana faktor pendukung strategi guru dalam meningktkakan pemahaman peserta didik melalui metode An-Nahdliyah di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung?, (3) Bagaimana faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui metode An-Nahdliyah di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung?. Memperoleh data-data hasil penelitian, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi (berupa sumber, metode, dan waktu), serta diskusi dengan teman sejawat. Untuk tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini menggunakan tahap persiapan, tahap lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Sebagai Analisa data dalam penelitian ini adalah paparan data dan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata disertai dengan gambar atau dokumentasi sebagai penunjang. Hasil penelitian (1) strategi guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui metode An-Nahdliyah di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui metode An-Nahdliyah di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung yaitu guru yang bermut, media pembelajaran dan lingkungan yang kondusif. (3) faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui metode An-Nahdiyah di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung yaitu adanya kesulitan belajar peserta didik, kurangnya minat belajar, kurang perhatian dan motivasi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173291 AYU LISNA DYA FALENTIN |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 06:12 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 06:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24434 |
Actions (login required)
View Item |