KARINA AGUSTA YURIATI, 12401173302 (2021) ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENDORONG DAYA SAING BANK PANIN DUBAI SYARIAH TERHADAP BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus di PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk KCU Malang). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Marketing Mix dalam Mendorong Daya Saing Bank Panin Dunai Syariah terhadap Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus di PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk KCU Malang)” ditulis oleh Karina Agusta Yuriati, NIM. 12401173302 dan dibimbing oleh Bapak Refki Rusyadi M.Pd.I. Penelitian ini di latarbelakangi dengan asumsi penulis bahwa Bank Panin Dubai Syariah dan Bank Syariah Indonesia sama-sama kuat dalam bidang perbankan syariah. Serta asumsi bahwa adanya persaingan untuk mendapatkan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi marketing mix di Bank Panin Dubai Syariah KCU Malang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan strategi marketing mix ini efektif untuk mendorong daya saing Bank Panin Dubai Syariah terhadap Bank Syariah Indonesia. Untuk menarik konsumen atau pelanggan, maka harus diciptakan sistem strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi yang dihadapi, berdasarkan kebutuhan dan lingkungan. Dalam kelangsungan berjalannya lembaga keuangan, strategi pemasaran harus dilakukan untuk menarik minat masyarakat maupun untuk bersaing dengan lembaga keuangan sejenis. Strategi yang dapat dilakukan meliputi penentuan strategi produk, harga, lokasi dan promosi, biasa disingkat dengan 4P. Strategi ini dikenal dengan nama bauran pemasaran (marketing mix). Namun kini marketing mix telah berkembang sesuai dengan kondisi pasar menjadi 7P dimana 3P selanjutnya yaitu proses, orang, dan bukti fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif induktif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah marketing mix bagian produk memiliki produk utama yaitu Tabungan Zam-Zam. Harga juga terjangkau, dengan penerima manfaat minimal 12 tahun sehingga bisa sebagai hadiah untuk anak. Tempat cukup strategis, tetapi tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui keberadaannya sehingga pelayanan masih menggunakan jemput bola. Bank Panin Dubai Syariah mempromosikan produknya dengan cara menyebar luaskan ke media sosial, membentuk agen, datang ke pengajian-pengajian, dan mengadakan seminar. Para pegawai diberikan target untuk mendapatkan nasabah. Pelayanan yang diberikan dirasa cukup memuaskan nasabah ditambah dengan fasilitasfasilitas perusahaan yang nyaman seperti kantor yang bersih, luasnya parkiran membuat nasabah merasa puas dan nyaman. Adapun kendala yang dihadapi saat ini yaitu kurangnya sumber daya manusia dikarenakan dana yang terbatas. Dalam menjalankan bisnis pasti ada persaingan dengan bisnis sejenis. Seperti yang diketahui Bank Panin Dubai Syariah dan Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu bank besar di Indonesia. Apakah ada persaingan diantara mereka dalam memperoleh nasabah? Ternyata tidak ada persaingan, apalagi dalam segi produk keduanya memilik fokus produk yang berbeda. Dengan Bank Panin Dubai Syariah lebih mengutamakan produk haji sedangkan Bank Syariah Indonesia yang lebih ke funding dan lending. Kata Kunci: Marketing Mix, Produk.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173302 KARINA AGUSTA YURIATI |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:55 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24477 |
Actions (login required)
View Item |