KUNI ZAKIA SALMA, 12201173043 (2022) METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI UPT SMPN 3 DOKO BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (496kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (80kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di UPT SMPN 3 Doko Blitar” Tahun ini ditulis oleh Kuni Zakia Salma, NIM 12201173043. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Metode guru, minat belajar membaca Al-Qur’an Membaca Al-Qur’an bagi umat muslim merupakan ibadah kepada Allah SWT. Seorang peserta didik haruslah diberikan pemahaman serta dibiasakan untuk membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an memang tidak mengutamakan pada penyerapan dan pemahaman melalui transfer informasi semata, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan. Kemampuan peserta didik perlu dikembangkan melalui peran aktif dan latihan-latihan atau kegiatan-kegiatan yang mampu menunjang kemampuan membaca Al-Qur’an dengan lancar dan sesuai dengan kaidah tajwidnya. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di UPT SMPN 3 Doko Blitar? (2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di UPT SMPN 3 Doko Blitar? (3) Bagaimana Evaluasi Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di UPT SMPN 3 Doko Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaaan, ketekunan, pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, Perencanaan Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di UPT SMPN 3 Doko Blitar meliputi mempersiapkan kalender pendidikan, menentukan alokasi waktu, mempersiapkan prgram tahunan (PROTA), promes (PROMES), silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengadakan rapat dan evaluasi. Kedua, Pelaksanaan metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di UPT SMPN 3 Doko Blitar dibagi menjadi 2 yaitu pelaksanaan didalam dan diluar proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Pelaksanaan metode didalam KBM seperti menggunakan metode kontekstual dan metode pembiasaan. Pelaksanaan diluar KBM seperti diadakannya kegiatan sholat dhuha berjamaah. Ketiga, Evaluasi metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di UPT SMPN 3 Doko Blitar adalah dengan guru Pendidikan Agama Islam memberikan tugas, Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), praktik dan mengadakan rapat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173043 KUNI ZAKIA SALMA |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 08:26 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 08:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24871 |
Actions (login required)
View Item |