IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RINA MISTIANA, 17201163054 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Peduli Lingkungan di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung”, ini ditulis oleh Rina Mistiana, NIM. 17201163054. Pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Karakter Peduli Sosial, Karakter Peduli Lingkungan, SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kelestarian lingkungan yang sudah mulai turun drastis dan terjadinya pencemaran lingkungan dimana-mana yang menyebabkan timbulnya banyak ketidakseimbangan lingkungan sehingga terjadi bencana alam serta kepedulian sosial yang mengalami degradasi karena adanya masyarakat individualis, timbulnya sikap apatis, dan krisis akhlak akibat arus globalisasi. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli sosial di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung?, 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung?, serta 3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan berbasis di kelas di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan ketekunan atau keajegan pengamatan, uji keteralihan data, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter peduli sosial di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung adalah melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan ekstrakulikuler. Melalui kegiatan rutin adalah Program 3S (Senyum, Salam, Sapa), kegiatan sholat dhuhur berjamaah, Infaq hari Jum’at dan pondhok romadhon. Melalui kegiatan spontan adalah keikutsertaaan peserta didik SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung dalam kegiatan sosialisasi, melakukan kerjasama dengan kapolsek Kalidawir, pemberian contoh dan teladan yang dilakukan oleh pendidik serta tenaga kependidikan, pemberian nasihat serta motivasi yang dilakukan oleh pendidik serta tenaga kependidikan, serta pemberian sanksi dan hukuman yang dilakukan oleh pendidik serta tenaga kependidikan kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran. Sedangkan melalui kegiatan ekstrakulikuler, adapun implementasi pendidikan karakter peduli sosial juga disampaikan pada ekstrakulikuler pramuka, karate, drumband, voli, serta kesenian. 2) Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung adalah melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan ekstrakulikuler. Melalui kegiatan rutin adalah melalui kegiatan piket kelas dan Jum’at Bersih. Melalui kegiatan spontan, adalah melalui kegiatan spontan yaitu penyampaian nasihat yang dilakukan para pendidik dan tenaga kependidikan, penyampaian teguran yang dilakukan para pendidik dan tenaga kependidikan, serta pemberian sanksi dan hukuman. Sedangkan melalui kegiatan ekstrakulikuler adalah melalui ektrakulikuler pramuka, karate dan kesenian. 3) Evaluasi penerapan pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung pada pendidikan dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap guru sebagai pelaksana pendidikan karakter peduli lingkungan dan peduli sosial melalui tiga segi yaitu segi kognitif, afektif dan psikomotorik, evaluasi terhadap siswa yaitu melalui tiga segi yaitu segi kognitif, afektif dan psikomotorik, dan evaluasi terhadap pelaksanaan program pendidikan karakter dengan melihat hasil pengamatan yang dilakukan peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163054 RINA MISTIANA
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:14
Last Modified: 21 Feb 2022 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24988

Actions (login required)

View Item View Item