AHMAD RIZA PAHLEVI, 12501194031 (2022) BUDAYA ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN PESANTREN (Studi Multi Kasus Di SMK Al-Basthomi Loceret Nganjuk Dan SMK Al-Amin Ngetos Nganjuk). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Budaya Organisasi Dalam Pengembangan Kelembagaan Pesantren (Studi Multi Kasus Di SMK Al-Basthomi Loceret Nganjuk Dan SMK Al-Amin Ngetos Nganjuk)” ini ditulis oleh Ahmad Riza Pahlevi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, NIM: 12501194031 Tahun 2021 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. dan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I. Kata Kunci : Budaya organisasi, Pengembangan kelembagaan, Pondok Pesantren. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena kurangnya perhatian mengenai budaya organisasi. Oleh karena itu dipandang perlu adanya usaha untuk menggali berbagai ilmu yang berkaitan dengan budaya organisasi. Dalam hal ini penulis menggali data terkait budaya organisasi dalam pengembangan kelembagaan pesantren di SMK Al-Basthomi Loceret Nganjuk Dan SMK Al-Amin Ngetos Nganjuk. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana nilai organisasi dalam pengembangan kelembagaan di SMK Al-Basthomi Loceret dan SMK Al-Amin Ngetos?; (2) Bagaimana asumsi dasar organisasi dalam pengembangan kelembagaan di SMK Al-Basthomi Loceret dan SMK Al-Amin Ngetos?; (3) Bagaimana perilaku organisasi yang diterapkan dalam pengembangan kelembagaan di SMK Al-Basthomi Loceret dan SMK Al-Amin Ngetos?. Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana nilai organisasi dalam pengembangan kelembagaan di SMK Al-Basthomi Loceret dan SMK Al-Amin Ngetos; 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana asumsi dasar organisasi dalam pengembangan kelembagaan di SMK Al-Basthomi Loceret dan SMK Al-Amin Ngetos; 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perilaku organisasi yang diterapkan dalam pengembangan kelembagaan di SMK Al-Basthomi Loceret dan SMK Al-Amin Ngetos. Tesis ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas, dan obyektivitas. Hasil dari penelitian ini adalah : Nilai organisasi dalam pengembangan kelembagaan pesantren berpijak pada nilai keislaman, kemanusiaan, dan kebangsaan sebagai identitas organisasi dan komitmen. Asumsi dasar organisasi dalam pengembangan kelembagaan pesantren menggunakan prinsip keberlanjutan, kebutuhan masyarakat, profesionalitas, dan tengah-tengah sebagai acuan pengambilan keputusan. Perilaku organisasi dalam pengembangan kelembagaan pesantren berpedoman pada kedisiplinan, komunikasi, koordinasi, bahu-membahu, sopan, ramah, tanggungjawab, tenggang rasa, kebersamaan, kekeluargaan, dan loyalitas sebagai standard perilaku organisasi. ABSTRACT The thesis entitled "Organizational Culture in Islamic Boarding School Institutional Development (Multi-Case Study at Al-Basthomi Loceret Nganjuk Vocational School and Al-Amin Ngetos Nganjuk Vocational School)" was written by Ahmad Riza Pahlevi, Islamic Education Management Study Program, NIM: 12501194031 Year 2021 supervised by Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. and Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I. Keywords : Organizational culture, institutional development, Islamic boarding school. The research in this thesis is motivated by the phenomenon of a lack of attention to organizational culture. Therefore, it is deemed necessary to make efforts to explore various knowledge related to organizational culture. In this case, the authors explore data related to organizational culture in the development of Islamic boarding schools at SMK Al-Basthomi Loceret Nganjuk and SMK Al-Amin Nganjuk. The research questions in this thesis are: (1) What is the organizational value in institutional development at SMK Al-Basthomi Loceret and SMK Al-Amin Ngetos?; (2) What are the basic assumptions of the organization in institutional development at SMK Al-Basthomi Loceret and SMK Al-Amin Ngetos?; (3) How is organizational behavior applied in institutional development at SMK Al-Basthomi Loceret and SMK Al-Amin Ngetos?. The research objectives in this thesis are: (1) To describe and analyze how the organizational value in institutional development at SMK Al-Basthomi Loceret and SMK Al-Amin Ngetos; (2) To describe and analyze how the basic assumptions of the organization in institutional development at SMK Al-Basthomi Loceret and SMK Al-Amin Ngetos; (3) To describe and analyze how organizational behavior is applied in institutional development at SMK Al-Basthomi Loceret and SMK Al-Amin Ngetos. This thesis was prepared based on field data using qualitative research with a descriptive approach. Data were collected using in-depth interviews, participant observation, and documentation. The data analysis used is the Milles and Huberman model which includes data reduction, data presentation, and verification. The technique of checking the validity of the data is through internal validation, external validation, reliability, and objectivity. The results of this study are: Organizational values in the development of Islamic boarding schools are based on Islamic, humanitarian, and national values as organizational identity and commitment. The basic assumptions of the organization in the development of Islamic boarding schools use the principles of sustainability, community needs, professionalism, and middle as a reference for decision making. Organizational behavior in the development of Islamic boarding schools is guided by discipline, communication, coordination, shoulder to shoulder, polite, friendly, responsibility, tolerance, togetherness, kinship, and loyalty as standards of organizational behavior.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 12501194031 Ahmad Riza Pahlevi |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 08:10 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 08:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25068 |
Actions (login required)
View Item |