PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASYARAKAT PESISIR (Studi Multi Situs di Desa Palang dan Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban)

TEGUH FATCHUR ROZI, 12506194063 (2021) PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASYARAKAT PESISIR (Studi Multi Situs di Desa Palang dan Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam pada Masyarakat Pesisir (Studi Multi Situs di Desa Palang dan Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban)” ini ditulis oleh Teguh Fatchur Rozi (NIM. 12506194063) dengan Pembimbing I. Prof. Dr. Mujamil Qomar, M. Ag. dan Pembimbing II. Dr. H. Abd. Aziz M. Pd. I. Kata Kunci: Pembelajaran, Sejarah Peradaban Islam, Masyarakat Pesisir Penelitian ini berangkat dari minimnya pengkaji tentang pembelajaran sejarah peradaban Islam di masyarakat, terutama di masyarakat pesisir. Melihat fenomena tersebut, maka dari itu peneliti berusaha mengulas tentang tema pembelajaran sejarah peradaban Islam di masyarakat pesisir. Melihat peristiwa di lapangan, pembelajaran sejarah peradaban Islam sangat jarang diminati, mungkin, hanya beberapa orang saja yang fokus pada pembahasan ini. Dalam kaitan ini tokoh agama sangat berperan aktif dalam mendidik masyarakat setempat. Materi-materi tentang sejarah disisipkan ketika tokoh agama sedang mendidik masyarakat. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan menganalisis tentang pembelajaran sejarah peradaban Islam di masyarakat pesisir Desa Palang dan Desa Gesikharjo dengan fokus kajiannya mencakup: 1) Pendekatan tokoh agama dalam memberikan pembelajaran sejarah peradaban Islam; 2) Strategi tokoh agama dalam memberikan pembelajaran sejarah peradaban Islam; 3) Implikasi dari Tokoh agama memberikan pembelajaran sejarah peradaban Islam dalam meningkatkan wawasan keislaman. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Lokasi penelitian ini di masyarakat pesisir Desa Palang dan Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan ketekunan data, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran sejarah peradaban Islam di Desa Palang dan Desa Gesikharjo menggunakan pendekatan sosial. Pendekatan sosial merupakan pendekatan yang biasa digunakan di manapun. Pendekatan ini menggambarkan kekeluargaan dan membuat nyaman para jamaah. Selain itu, pendekatan tambahan adalah jika di Desa Palang juga turut memakai pendekatan spiritual, sedangkan di Desa Gesikharjo juga memakai pendekatan kultural. (2) Dalam strategi penyampaian pembelajaran sejarah peradaban Islam di masyarakat Desa Palang dan Desa Gesikharjo tokoh agama terlebih dulu menyiapkan materinya. Ketika memberikan materi sejarah peradaban Islam di masyarakat tidak selalu melihat teks. Tokoh agama memakai bahasa yang digunakan masyarakat sehari-hari ketika ceramah. (3) Pembelajaran ini memberikan dampak yang baik terhadap pemahaman agama terkhususnya dalam berziarah makam-makam orang suci, shadaqah dan keteladanan kepada tokoh-tokoh pendahulu.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194063 TEGUH FATCHUR ROZI
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:56
Last Modified: 07 Mar 2022 00:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25114

Actions (login required)

View Item View Item