STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KEDIRI

BERLIANA PUTRY, 12201173118 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiah Negeri 3 Kediri” ini ditulis oleh Berliana Putry, NIM. 12201173118, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Dalam Membina Akhlakul karimah. Tingkat kemampuan seseorang dalam menerapkan akhlak yang baik terletak pada pembinaan akhlak dan strategi apa yang digunakan. Mts Negeri 3 Kediri adalah madrasah yang memiki tujuan untuk mewujudkan generasi muslim tangguh dan berkualitas berdasarkan iman, ilmu dan amal. Guru akidah akhlak memiliki peranan penting untuk membentuk peserta didik memiliki akhlak yang baik, Pendidik memiliki peranan penting dalam keberhasilan untuk membina akhlakul karimah pada peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah peserta didik di Mts N 3 Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan guru akidah akhlak dalam dalam membina akhlakul karimah peserta didik di Mts N 3 Kediri? (3) Bagaimana evaluasi guru akidah akhlak dalam dalam membina akhlakul karimah peserta didik di Mts N 3 Kediri? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi peneliti ini terletak di Mts Negeri 3 Kediri. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah dan serta guru dan salah satu siswa di Mts Negeri 3 Kediri. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan degan cara menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencaaan guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah peserta didik yaitu guru membuat atau menyusun RPP dan juga guru menggunakan pendekatan individual dan kelompok. Selain itu sekolah mempersiapkan beberapa program pendukung untuk membina akhlakul karimah siswa yaitu dengan mengadakan pondok Ramadan dan Hari Besar Islam lainnya. (2) Pelaksanaan guru Akidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah peserta didik dilaksanakan melalui beberapa metode diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, dan nasehat. Dalam pelaksanaan guru menjadi teladan bagi peserta didik yaitu contohnya guru senantiasa menanamlan sikap disiplin dalam pembinaan akhlakul karimah misalnya menanamkan disiplin dalam mengerjakan sholat, mengajakan sikap hormat kepada orang lain. Kemudian untuk metode pembiasaan peserta didik mampu menerapkan apa yang sudah diaarkjan guru ke dalam kehidupan sehari-hari misalnya sholat berjamaah, berpakaian yang rapi, sopan santun twrhadap yang lebih tua serta mentaati tata tertib madrasah yang berlaku. Yang terakhir yaitu memberi nasehat terhadap peserta didik secara terus menerus agar peserta didik dapat berusaha mengubah akhlaknya menjadi berakhlak yang baik. (3) evaluasi guru Akidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah peserta didik guru akhidah akhlak menganalisis kebiasaan apa saja yang masih kurang dan yang masih perlu ditingkatkan lagidalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik .dan juga guru diharuskan untuk menekankan pada praktik yang berkenaan dalam pembinan akhlakul karimah peserta didik. dan mengoptimalkan dalam proses pembinaan akhlakul karimah seperti, mengamati tingkah laku peserta didik setiap harinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173118 BERLIANA PUTRY
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:23
Last Modified: 01 Apr 2022 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25480

Actions (login required)

View Item View Item