Riqza, Muhammad Miftakul (2015) UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK MENARIK MINAT BACA SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
Bag. Awal.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Peningkatan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Untuk Menarik Minat Baca Siswa Mata Pelajaran PAI Di SMPN 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Moch. Miftaqul Riqza Amin, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 3211113126 Tahun 2015 dibimbing oleh H. Zaini, S. Ag. , M. Pd. I Kata Kunci: Upaya Peningkatan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh pepustakaan sebagai bagian integral dari suatu lembaga pendidikan yang merupakan sarana penting dalam menunjang proses pembelajaran di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung secara aktif dan positif. Karena itu, perpustakaan sebagai pusat sumber belajar diharapkan mampu meningkatkan minat baca siswa. Dengan bahan pustaka yang tersedia harus dapat menunjang proses belajar mengajar, sehingga pengadaannya pun disesuaikan dengan kurikulum yang dipakai di sekolah tersebut. Focus penelitiannya adalah: (1) Bagaimanakah upaya peningkatan pengelolaan perpustakaan sekolah dari segi pelayanan pinjaman untuk menarik minat baca siswa mata pelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) Bagaimanakah upaya peningkatan pengelolaan perpustakaan sekolah dari segi penataan ruang baca untuk menarik minat baca siswa mata pelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (3) Bagaimanakah upaya peningkatan pengelolaan perpustakaan sekolah dari segi khazanah koleksi buku untuk menarik minat baca siswa mata pelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Tujuan peneliti: Secara teoritis, penelitian in merupakan sumbangan untuk memperkaya khazanah ilmiah tentang fenomena perpustakaan. Secara praktis, sebagai masukan bagi lembaga perpustakaan dalam rangka upaya menarik minat baca siswa melalui peningkatan pengelolaan perpustakan sekolah. Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, lokasinya di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian: (1) upaya peingkatan pengelolaan perpustakaan sekolah dari segi pelayanan pinjaman untuk menarik minat baca siswa mata pelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung sebagai berikut: a) Mempermudah dalam prosedur peminjaman buku (b) Mensosialisasikan prosedur peminjaman (c) Memberikan pelayanan pinjaman dengan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dan komunikatif (d) Menjalin kerja sama dengan guru bidang studi (e) Peningkatan SDM di perpustakaan. (2) Upaya Peningkatan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dari Segi Penataan Ruang Baca Untuk Menarik Minat Baca Siswa Mata Pelajaran PAI Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung sebagai berikut: (a) Tata ruang yang nyaman, sejuk dan menarik (b) Memperluas penataan ruang baca (c) Pembelian Komputer atau Laptop dan DVD Player (d) Sudah ada mesin penyejuk ruangan atau AC. Upaya Peningkatan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dari Segi Khazanah Koleksi Buku Untuk Menarik Minat Baca Siswa Mata Pelajaran PAI Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung sebagai berikut: (a) Menambah khazanah koleksi buku di perpustakaan (b) Melibatkan Guru bidang studi dalam pemilihan koleksi buku di perpustakaan (c) Menambahkan sumber bantuan dana dari pihak-pihak lembaga untuk meningkatkan khazanah koleksi buku.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Miftakul Riqza |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 03:15 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 03:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2577 |
Actions (login required)
View Item |